FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI NIAT ADOPSI APLIKASI SBN ONLINE BRI
HENDRI GUNAWAN P, Sahid Susilo Nugroho, Dr., M.Sc., Ph.D.
2022 | Tesis | MAGISTER MANAJEMEN (KAMPUS JAKARTA)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan, persepsi manfaat, persepsi kemudahan, persepsi kendala, persepsi risiko, sikap dan niat berperilaku di masa depan pada aplikasi SBN online BRI, data diambil dari 248 responden yang merupakan nasabah prioritas Bank BRI. Pengambilan sampel dengan menggunakan kuesioner, dan data diolah dengan menggunakan metode structural equation model atau SEM PLS (partial least square) dengan pengolahan data menggunakan aplikasi SmartPLS 3.3.9. dari penelitian ini diperoleh bahwa pengetahuan memiliki pengaruh positif pada persepsi manfaat dan kemudahan. Persepsi kemudahan dan manfaat juga memiliki pengaruh positif pada sikap, dan sikap berpengaruh positif dan signifikan pada niat berperilaku nasabah prioritas Bank BRI terhadap aplikasi SBN online BRI. Penelitian ini diharapkan dapat berkontribusi kepada penelitian yang akan dilakukan di masa depan, yang dapat melihat bagaimana penerimaan nasabah terhadap pengaruh perkembangan teknologi yang cepat berbanding dengan kemampuan nasabah menyerap dan menyesuaikan diri dengan kebutuhannya.
This research aims to determine analyze the effect of knowledge, perceived usefulness, perceived ease of use, perceived deterrents, perceived risk, attitude, subjective norms, and behavioral intention. The data was collected from 248 respondents who are priority customers of Bank BRI. Data sampling was collected using a questionnaire base, and procced by Structural Equation modeling or SEM PLS (partial least squares) method, and analyzed the data was applied using the SmartPLS 3.3.9. From this research, it was found that knowledge has a positive influence toward perceived usefulness and perceived ease of use. The perceived usefulness and perceived ease of use also has a positive influence toward attitudes, and attitudes has a positive and significant effect toward the behavioral intention of Bank BRI priority customers on the SBN online BRI application. This research is expected to contribute value to the next research that will be carried out in the future, that can see how fast customers accept technological developments compared to customers ability to absorb and adapt to their needs.
Kata Kunci : SBN digitalization, knowledge, perceived usefulness, perceived ease of use, perceived deterrents, perceived risk, attitude, subjective norms, and behavioral intention, SBN online BRI.