STRATEGI BISNIS PT DEF SEBAGAI LEMBAGA PELATIHAN PADA INDUSTRI TESTING, INSPECTION, AND CERTIFICATION (TIC)
THAREQ AKMAL H, Amirullah Setya Hardi, S.E., Cand.Oecon., Ph.D.
2022 | Tesis | MAGISTER MANAJEMEN (KAMPUS JAKARTA)Pasar industri Testing, Inspection, and Certification (TIC) mengalami perkembangan yang pesat. Pasar TIC dunia diperkirakan tumbuh sebesar 4,55 persen setiap tahunnya. Sementara pasar TIC Indonesia diperkirakan tumbuh di atas pertumbuhan pasar TIC dunia, yakni sebesar 6,54 persen setiap tahunnya. Pertumbuhan industri TIC turut memberikan manfaat bagi usaha lain yang terhubung dengan industri TIC, salah satunya bisnis pelatihan pada industri TIC. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor lingkungan eksternal dan internal yang mempengaruhi kondisi bisnis PT DEF sebagai salah satu pemain pada bisnis pelatihan pada industri TIC, untuk kemudian dirumuskan strategi bisnis yang cocok dalam menghadapi persaingan dalam bisnis tersebut. Analisis PESTEL digunakan untuk menganalisis faktor lingkungan eksternal makro. Analisis Lima Kekuatan Porter digunakan untuk menganalisis faktor lingkungan industri. Hasil dua analisis tersebut kemudian diintegrasikan dengan analisis lingkungan internal dalam kerangkan analisis SWOT. Hasil analisis yang telah dilaksanakan kemudian menjadi pertimbangan dalam memilih strategi bisnis yang sesuai dalam kerangka Strategi Generik Thompson. Penelitian ini diselenggarakan dengan desain kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Pengambilan data dilakukan melalui wawancara mendalam, kuesioner, dan studi kepustakaan. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui agar perusahaan menggunakan strategi focused low-cost sehingga perusahaan menghindari pertarungan langsung dengan perusahaan bermodal besar dan fokus pada kekuatan perusahaan melayani pelatihan luring atau pelatihan campuran luring-daring.
The Testing, Inspection, and Certification (TIC) market is experiencing extraordinary growth. Worlds TIC Market is expected to grow for 4,55 percent every year. Meanwhile, Indonesias TIC Market is expected to grow for 6.54 percent every year. The growth of TIC industry also benefits other industries connected to TIC industry, such as training business in TIC industry. The research is aimed to identify external and internal environments factors, that affect PT DEFs business conditions as one of the players in business, in order to set up a compatible business strategy for competing in the aforementioned business. PESTEL analysis is used to analyse macro external environments factors. Porter s Five Forces analysis is used to analyse industrial environments factors. The results from both analyses are integrated with internal environment analysis in the context of SWOT analysis. The result later used as considerations in forming appropriate business strategy in the context of Thompsons Generic Strategies. This research uses qualitative descriptive research design with case study approach. The used data collection methods are in-depth interviews, questionnaires, and library research. Based on the conducted research, the company is advised to use the focused low-cost strategy in order for the company to avoid direct confrontation against high capital companies and focus to the companys power in handling offline training or offline-online hybrid training.
Kata Kunci : Strategi Bisnis, TIC, Analisis SWOT, Analisis Lima Kekuatan Porter, Analisis SWOT, Strategi Generik Thompson