Laporkan Masalah

Opini Publik Terhadap Perkembangan Isu Pendidikan: Analisis Isi Pada twitter dan portal Berita Yogyakarta

FEBY RENALDI S, Dr. Bevaola Kusumasari, M.Si.

2022 | Skripsi | S1 MANAJEMEN DAN KEBIJAKAN PUBLIK

Pendidikan menjadi sebuah unsur penting dalam memajukan suatu bangsa dan Negara. tidak terkecuali bagi Indonesia, penyelenggaraan pendidikan menjadi jalan untuk mencapai cita-cita bangsa Indonesia yaitu keinginan pemerintah Indonesia untuk mencerdaskan bangsa Indonesia. Oleh karena itu, dalam penyelenggaraan pendidikan memerlukan kebijakan yang perlu untuk dirumuskan dengan sebaik mungkin dengan memperhitungkan peran masyarakat dengan menengok opini publik dalam proses perumusan kebijakan. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai opini publik yang berkembang mengenai isu pendidikan secara umum di era digital yang terjadi di wilayah D.I. Yogyakarta. Perkembangan teknologi digital yang dimanfaatkan oleh masyarakat secara umum seperti sekarang ini dapat digunakan untuk memperoleh opini publik. Media sosial sebagai bentuk teknologi digital dapat digunakan untuk memperoleh dan menganalisis opini publik, seperti halnya dalam penelitian ini dipilih media sosial Twitter sebagai sumber data utama dan sebagai data pendukung yaitu portal berita online. Melalui pengumpulan dan analisis data, diketahui bahwa diskusi masyarakat dalam media sosial Twitter terkait isu pendidikan cukup beragam, mulai dari akses pendidikan, klitih, minat baca, nilai budaya, pelestarian budaya, pendidikan inklusi, dan supporter bola. Secara keseluruhan, sentimen publik terhadap isu pendidikan di D.I.Y masih didominasi dengan sentiment netral.

Education is an important element in advancing a nation and state. Indonesia is no exception, the implementation of education is a way to achieve the ideals of the Indonesian people, namely the desire of the Indonesian government to educate the Indonesian people. Therefore, the implementation of education requires policies that need to be formulated as well as possible by taking into account the role of the community by looking at public opinion in the policy formulation process. This study aims to provide an overview of the growing public opinion regarding education issues in general in the digital era that occurs in the DI Yogyakarta region. The development of digital technology that is used by the general public as it is today can be used to obtain public opinion. Social media as a form of digital technology can be used to obtain and analyze public opinion, as in this study, Twitter social media was chosen as the main data source and as supporting data, namely an online news portal. Through data collection and analysis, it is known that community discussions on Twitter social media related to educational issues are quite diverse, ranging from access to education, klitih, reading interest, cultural values, cultural preservation, inclusive education, and football supporters. Overall, public sentiment on the issue of education in DIY is still dominated by neutral sentiment.

Kata Kunci : Opini Publik, Media Sosial, Analisis Kualitatif, Sentimen Publik, Social Network Analysis

  1. S1-2022-430762-abstract.pdf  
  2. S1-2022-430762-bibliography.pdf  
  3. S1-2022-430762-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2022-430762-title.pdf