Laporkan Masalah

Online Media and Social Media Management of Karanganyar Regency

PRIHATMAJA GAYUH A, Wahyu Kartika Wienanda, S.Pd., M.Pd.

2022 | Tugas Akhir | D3 BAHASA INGGRIS

Kemajuan teknologi dan informasi sebagai dampak dari globalisasi tidak dapat terpisahkan dari masyarakat modern, hal ini membawa desakan yang besar bagi pemerintah sebagai penyedia layanan untuk lebih bersifat terbuka, lebih efektif dan efisien. Tugas akhir ini bertujuan membahas dan mengetahui proses manajemen media online dan media sosial sebagai media penyalur informasi dan kebijakan pemerintah yang dilakukan oleh humas Kabupaten Karanganyar. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menjadi partisipan langsung melalui program magang dari bulan Februari hingga Mei 2020 di kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Karanganyar. Selain melakukan observasi peneliti juga melakukan wawancara dengan pejabat pengelola informasi, serta membaca beberapa buku dan artikel dari internet sebagai studi pustaka. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif, data yang didapatkan dikelompokkan sesuai objektif dan disajikan secara detail dalam deskripsi menggunakan bahasa Inggris dengan dukungan gambar dokumentasi dan tabel. Berdasarkan hasil observasi dan studi pustaka, publikasi yang dilakukan oleh humas Kabupaten Karanganyar terbagi menjadi dua jenis yaitu publikasi internal dan eksternal. Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan memiliki peran melaksanakan publikasi internal, sedangkan publikasi eksternal merupakan tanggung jawab dari Dinas Komunikasi dan Informatika. Peneliti berfokus pada platform publikasi eksternal seperti Website, Instagram, dan YouTube. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan media online dan media sosial oleh humas Kabupaten Karanganyar memiliki beragam karakteristik sesuai dengan platform yang digunakan. Peran media sebagai sarana penyalur informasi di lingkup pemerintah Kabupaten Karanganyar perlu diimbangi dengan sumber daya manusia yang kompeten dalam bidang teknologi informasi.

Advances in technology and information as a result of globalization cannot be separated from modern society, this forces the government as a service provider to be more open, effective, and efficient. This final project aims to discuss how the online media and social media management process as a medium for distributing information and government policies carried out by the Karanganyar regency's public relations. The data collection done by become a participant through an internship program from February to May 2020 at the Karanganyar Regency Regional Secretariat office. Researcher also doing interview with information management officials and doing literature study from the internet. This research method is qualitative, and the data obtained are grouped according to the objectives and presented in detail in a description using English supported with documentation images and tables. Based on the results, the publications carried out by the Karanganyar regency public relations are divided into two types: internal and external publications. The Protocol and Communications Division of the leadership has the role of internal publications, while external publications are the responsibility of the Communications and Information Technology Office. The researcher focuses on the platforms used by public relations for external publications such as Websites, Instagram, and YouTube. The results showed that the management of online media and social media had various characteristics suitable with the platform used. The role of the media as a means of distributing information within the Karanganyar government must also be supported with competent human resources in the field of information technology.

Kata Kunci : Karanganyar Regency, public relation, government, media, management.

  1. D3-2022-416197-abstract.pdf  
  2. D3-2022-416197-bibliography.pdf  
  3. D3-2022-416197-tableofcontent.pdf  
  4. D3-2022-416197-title.pdf