Laporkan Masalah

Metode Pembelajaran Jarak Jauh Pandemi Covid-19 Ditinjau Dari Filsafat Progresivisme John Dewey

PRAMUDYA WISNU W, Dr. Rr. Siti Murtiningsih, S.S., M.Hum.

2022 | Skripsi | S1 FILSAFAT

Penelitian ini dilatarbelakangi dari kondisi pandemi Covid-19 yang dimulai sejak awal 2020 kemarin dan memaksa semuanya beralih ke sistem virtual sebagai upaya penerapan protokol kesehatan, termasuk sistem pendidikan yang beralih ke pembelajaran jarak jauh secara penuh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang metode pembelajaran jarak jauh pandemi Covid-19, konsep filsafat progresivisme John Dewey dan analisis hubungan antara metode pembelajaran jarak jauh dengan filsafat progresivisme John Dewey. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif-interpretatif di bidang filsafat pendidikan dengan menggunakan data-data dari pustaka primer dan sekunder, dengan cara studi literatur. Metode yang digunakan adalah hermeneutika filosofis dengan objek material, metode pembelajaran jarak jauh di masa pandemi covid-19 dan objek formal, filsafat pendidikan yang beraliran progresivisme dari John Dewey. Penelitian ini memiliki hasil berupa analisis filsafat progresivisme John Dewey terhadap sistem pembelajaran jarak jauh di masa pandemi Covid-19 dengan penjelasan berikut: Pertama, pembelajaran jarak jauh dapat mengatasi kesenjangan pemerataan kesempatan, peningkatan mutu dan efisiensi pembelajaran melalui program-program yang lebih inovatif dari pembelajaran konvensional. Kedua, filsafat progresivisme John Dewey menekankan pada pengalaman-pengalaman empiris sebagai bagian dari proses pembelajaran yang sesuai tujuan pendidikan. Ketiga, Pelaksanaan pembelajaran jarak jauh pandemi Covid-19 merupakan upaya untuk mewujudkan pendidikan yang progresif sesuai minat dan bakat peserta didik melalui pengalaman-pengalaman yang tidak didapat sebelumnya pada pendidikan konvensional.

This research was motivated by the Covid-19 pandemic which began in early 2020 and forced everyone to switch to a virtual system to implement health protocols, including the education system that switched to full-distance learning. This study aims to find out about the Covid-19 pandemic distance learning method, the concept of John Dewey's philosophy of progressivism, and analysis the relationship between distance learning methods and John Dewey's philosophy of progressivism. This research is qualitative-interpretive the field of educational philosophy by using data from the primary and secondary literature studies. The method used is philosophical hermeneutics with material objects, the concept of distance learning during the COVID-19 pandemic and formal objects, the philosophy of education with the progressive wing of John Dewey. This study has the results in the form of an analysis of John Dewey's philosophy of progressivism towards the distance learning system during the Covid-19 pandemic with the following explanations: First, distance learning can overcome the gap in equal opportunity, improve the quality and efficiency of learning through programs that are more innovative than learning. conventional. Second, John Dewey's philosophy of progressivism emphasizes empirical experiences as part of the learning process according to educational goals. Third, the implementation of distance learning from the Covid-19 pandemic is an effort to realize progressive education according to the interests and talents of students through experiences that were not previously obtained in conventional education.

Kata Kunci : Pembelajaran jarak jauh, Covid-19 , Progresivisme

  1. S1-2022-426788-abstract.pdf  
  2. S1-2022-426788-bibliography.pdf  
  3. S1-2022-426788-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2022-426788-title.pdf