ANALISIS KEBUTUHAN UMKM INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN PENALARAN HIERARKI MASLOW SECARA ORGANISASIONAL
NOVTA WINKEY PRADANA, Sumiyana, Dr., M.Si., Ak., CA.
2022 | Tesis | MAGISTER AKUNTANSIPenelitian ini telah mengurutkan kebutuhan UMKM dan menganalisisnya. Urutan kebutuhan UMKM setelah dianalisis secara urut adalah aksesibilitas modal, teknologi informasi, kualitas layanan, keunggulan kompetitif, dan inovasi. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah kebutuhan-kebutuhan dalam UMKM mampu meningkatkan kinerja mereka dari perspektif baru, yakni menggunakan kerangka logika Maslow dengan valensi teori untuk konteks organisasi atas alasan seolah-olah UMKM itu adalah manusia. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan survei secara online kepada para pelaku UMKM provinsi di Indonesia yang memenuhi kriteria modal usaha atau hasil penjualan tahunan sesuai PP Nomor 7 Tahun 2021. Responden yang terkumpul sejumlah 374. Analisis data dilakukan dengan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemudahan akses modal, teknologi informasi, kualitas layanan, keunggulan kompetitif, dan inovasi, berpengaruh positif terhadap kinerja UMKM.
This study has sequenced the needs of MSMEs and analyzed them. The order of MSMEs needs after being analyzed are namely: capital accessibility, information technology, service quality, competitive advantage, and innovation. This study aims to prove whether the needs of MSMEs can improve their performance from a new perspective, that is by using Maslow’s logical framework with theoretical valence for the organizational context as if that MSMEs are human. This study uses a quantitative method with online surveys of provincial MSMEs operators in Indonesia who meet the working capital or annual sales criteria according to government regulation number 7 of 2021. The number of respondents collected is 374. Data analysis was carried out by using multiple regression. The results show that the ease of access to capital, information technology, service quality, competitive advantage, and innovation affect the performance of MSMEs positively.
Kata Kunci : Kebutuhan UMKM, kinerja UMKM, teori Maslow, kemudahan akses modal, teknologi informasi, kualitas layanan, keunggulan kompetitif, inovasi.