Pengaruh Self Congruity Terhadap Minat Beli dengan Persepsi Kualitas Sebagai Variabel Mediasi Pada Produk Mie Lemonilo di Yogyakarta
BINTANG FELFIAN, Acniah Damayanti, S.I.P., M.Sc.
2022 | Skripsi | S1 ILMU KOMUNIKASISejak tahun 2017 Lemonilo menghadirkan mie instan sehat sebagai alternatif pilihan bagi orang yang memiliki kepedulian lebih tinggi mengenai kesehatan. Hasilnya, produk tersebut mendapat respon positif dari masyarakat hingga sekarang Lemonilo dapat bertahan dan berkembang ditengah industri yang sebelumnya dikuasai oleh perusahaan besar. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh self congruity terhadap minat beli dengan persepsi kualitas sebagai variabel mediasinya. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode survei dan melibatkan 114 konsumen mie Lemonilo sebagai responden. Hasil analisis melalui smartPLS 3.0 membuktikan bahwa terdapat pengaruh signifikan dari kongruensi konsep diri konsumen dengan citra merek terhadap minat beli mie Lemonilo. Sedangkan efek mediasi dari persepsi kualitas produk sebagai variabel mediator juga menunjukkan hasil signifikan, namun hanya bersifat parsial.
Since 2017 Lemonilo has presented healthy instant noodles as an alternative option for people who have a higher health conscious. As a result, the product has received a positive response from the market. Thus far, Lemonilo has been able to survive and thrive in the midst of an industry that was previously controlled by conglomerate group. Therefore, this study aims to determine how the effect of self congruity on purchase intention with perceived quality as the mediating variable. This research was conducted using a survey method and involved 114 Lemonilo noodle consumers as respondents. The analysis results through smartPLS 3.0 prove that there is a significant effect of the congruence of consumer self-concept with brand image on interest in purchasing Lemonilo noodles. Meanwhile, the mediating effect of perceived product quality as a variable shows significant results as well, but it is considered partial.
Kata Kunci : self congruity, persepsi kualitas produk, minat beli, mie Lemonilo