Laporkan Masalah

Evaluasi Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi COVID-19 di Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada

VERI KRISTININGSIH, Edilburga Wulan Saptandari, S.Psi., M.Psi., Ph.D.; Dr. Ir. R. Wahyu Supartono

2022 | Tesis | MAGISTER MANAJEMEN PENDIDIKAN TINGGI

Pandemi COVID-19 telah memaksa proses pembelajaran dengan cepat dan tiba-tiba digantikan dengan pembelajaran daring. Untuk peningkatan pembelajaran daring di Fakultas Psikologi UGM, maka dilakukan penelitian evaluasi formatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis: 1) strategi dan kebijakan; 2) kualitas; dan 3) kelebihan, kekurangan, kendala dan peluang dalam pembelajaran daring; serta 4) pandangan tentang kelanjutan pembelajaran daring setelah pandemi COVID-19 berakhir. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode campuran kuantitatif dan kualitatif. Pengumpulan data yang bersifat kuantitatif menggunakan kuesioner dengan responden mahasiswa S1 angkatan 2018, 2019, 2020. Pengumpulan data yang bersifat kualitatif dilakukan melalui pertanyaan terbuka kepada mahasiswa, dokumentasi dan wawancara dengan unsur pimpinan, unsur dosen dan unsur tenaga kependidikan yang terlibat dalam pelaksanaan pembelajaran daring di Fakultas Psikologi UGM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam menghadapi transformasi proses pembelajaran yang semula luring diharuskan daring, Fakultas Psikologi UGM mengambil strategi baik di bidang infrastruktur, Sumber Daya Manusia, keuangan dan akademik. Dari strategi yang telah dilakukan, kualitas pembelajaran daring di Fakultas Psikologi UGM termasuk dalam kategori sangat baik. Kekurangan dan kendala dirasakan mahasiswa pada metode pembelajaran yang kurang variatif dan interaktif sehingga menyebabkan mahasiswa kurang termotivasi dan tidak mudah memahami materi. Salah satu peluang untuk peningkatan terkait hal ini yaitu dengan membuat forum atau bank data metode pembelajaran. Seluruh responden memiliki pandangan yang sama, apabila pandemi COVID-19 berakhir, pembelajaran daring dapat terus dilanjutkan dengan metode bauran antara daring dan luring dengan memperhatikan karakteristik mata kuliah.

COVID-19 Pandemic have forced the learning process to be quickly and suddenly replaced with online learning. To improve online learning at the Faculty of Psychology UGM, a formative evaluation study was conducted. This research aims to identify: 1) strategies and policies; 2) quality; 3) strengths, weaknesses, constraints, and opportunities; and 4) views on the continuation of online learning after the COVID-19 pandemic ends. This research uses a mixed method. Quantitative data collection uses a questionnaire with respondents from undergraduate students class of 2018, 2019, and 2020. Qualitative data collection was carried out through open-ended questions to students, documentation, and interviews with the vice dean, lecturers, and administrative staffs. The results of the study indicate that in facing the transformation of the online learning process, which was originally required to be offline, the Faculty of Psychology UGM adopted a strategy in the fields of infrastructure, human resources, finance and academics. From the strategies that have been carried out, the quality of online learning at the Faculty of Psychology UGM is in the very good category. Weaknesses and obstacles are felt by students in learning methods that are less varied and interactive, causing students to be less motivated and not easy to understand the material. One of the opportunities for improvement in this regard is by creating a forum or data bank for learning methods. All respondents have the same view, if the COVID-19 pandemic ends, online learning can continue with blended learning by paying attention to the characteristics of the course.

Kata Kunci : Pembelajaran daring, pengelolaan proses pembelajaran, evaluasi formatif, Fakultas Psikologi

  1. S2-2022-450104-abstract.pdf  
  2. S2-2022-450104-bibliography.pdf  
  3. S2-2022-450104-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2022-450104-title.pdf