Laporkan Masalah

Analisis Keunggulan Bersaing PT Bank Syariah Indonesia, TBK. Dalam Menghimpun Dana Murah Ritel

ANDRY KRISNAWARMAN, Wakhid Slamet Ciptono, MBA, MPM, Ph.D.,

2022 | Tesis | MAGISTER MANAJEMEN (KAMPUS JAKARTA)

PT Bank Syariah Indonesia, Tbk. (BSI) merupakan perusahaan bergerak dibidang perbankan syariah yang berkegiatan dalam menghimpun dan menyalurkan dana serta melayani jasa keuangan berdasarkan prinsip syariah. Pada perkembangannya, industri perbankan syariah mengalami perlambatan pertumbuhan khususnya dalam menghimpun dana masyarakat. Dengan adanya situasi tersebut, BSI sebagai bank berstatus BUMN yang baru menyelesaikan proses merger harus memiliki strategi bersaing yang ditetapkan secara matang agar dapat bertahan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengidentifikasi faktor sukses kunci, menganalisis dan mengidentifikasi keunggulan bersaing, dan memformulasikan strategi bersaing BSI dalam menghimpun dana murah ritel. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif, dengan melakukan analisis lingkungan eksternal perusahaan menggunakan analisis lingkungan umum PESTEL, analisis industri menggunakan Porter's five forces, dan analisis menggunakan faktor sukses kunci. Analisis lingkungan internal perusahaan dilakukan dengan analisis sumber daya, kapabilitas, dan VRIN keunggulan kompetitif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa BSI menggunakan strategi best cost provider untuk dapat bertahan di industri perbankan syariah dan dapat memenangkan persaingan.

PT Bank Syariah Indonesia, Tbk. (BSI) is a company engaged in sharia banking which has activities in collecting and distributing funds and providing financial services based on sharia principles. In its development, the Islamic banking industry experienced a slowdown in growth, especially in collecting public funds. Given this situation, BSI as a state-owned bank that has just completed the merger process must have a well-defined competitive strategy in order to survive. This study aims to analyze and identify key success factors, analyze and identify competitive advantages, and formulate BSI's competitive strategy in raising low-cost retail funds. This research is descriptive qualitative, by analyzing the company's external environment using PESTEL general environmental analysis, industry analysis using Porter's five forces, and analysis using key success factors. Analysis of the company's internal environment is carried out by analyzing resources, capabilities, and competitive advantage VRIN. The results showed that BSI used the best cost provider strategy to survive in the Islamic banking industry and win the competition.

Kata Kunci : Bank Syariah, Strategi Bisnis, dan Strategi Bersaing.

  1. S2-2022-436903-abstract.pdf  
  2. S2-2022-436903-bibliography.pdf  
  3. S2-2022-436903-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2022-436903-title.pdf