Analisis Persepsi Mahasiswa terhadap Suasana Pembelajaran Daring di Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Aisyiyah Yogyakarta
UMMU ARTHA TSARY R, Dr. Ir. Johanes Pramana Gentur Sutapa, M.Sc.forest; Dr. Wisjnu Martani, SU
2022 | Tesis | MAGISTER MANAJEMEN PENDIDIKAN TINGGIPandemi COVID-19 telah mengganggu proses belajar mengajar di berbagai perguruan tinggi, khususnya bagi program studi ilmu kesehatan. Pembelajaran daring (E-Learning) diterapkan sebagai metode pembelajaran utama untuk melaksanakan pembelajaran di masa pandemi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi mahasiswa di fakultas ilmu kesehatan Universitas Aisyiyah Yogyakarta terhadap suasana pembelajaran daring selama masa pandemi COVID-19. Penelitian ini merupakan penelitian campuran dengan menggunakan metode survey. Online Learning Environment Survey (OLES) digunakan sebagai instrumen utama untuk mengumpulkan data dari 390 mahasiswa ilmu kesehatan di Universitas Aisyiyah Yogyakarta yang tersebar ke dalam tujuh program studi yakni program studi ilmu keperawatan, anestesi, kebidanan, fisioterapi, gizi, teknologi laboratorium medis dan radiologi. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuisioner secara online yang dianalisis dengan ANOVA. Selain itu, proses wawancara juga dilakukan untuk mendapatkan informasi yang lebih mendalam terhadap persepsi mahasiswa dan data dianalisis secara tematik. Berlawanan dengan asumsi penelitian sebelumnya, penelitian ini menemukan bahwa tidak terdapat perbedaan persepsi secara signifikan antar mahasiswa dari ketujuh program studi terhadap suasana pembelajaran daring. Mayoritas mahasiswa sepakat bahwa selama masa pandemi, mereka telah mempelajari kasus-kasus nyata dan dianggap relevan dengan isu-isu yang terjadi di luar kelas serta penggunaan teknologi pembelajaran yang sudah efektif. Namun, dalam sistem pendidikan ilmu kesehatan yang mana banyak mata kuliah yang berorientasi pada ilmu praktik, mahasiswa masih mengalami banyak kendala baik secara teknis maupun non-teknis yang mengurangi mutu pembelajaran daring. Mahasiswa menegaskan bahwa beralih sepenuhnya ke metode pembelajaran daring tidak mungkin untuk meningkatkan keterampilan mereka menjadi tenaga medis yang kompeten di masa depan. Oleh sebab itu, penting untuk merancang kurikulum pembelajaran daring yang efektif untuk sistem pendidikan ilmu kesehatan di masa new normal.
The COVID-19 pandemic has disrupted the teaching and learning process at various universities, especially for health science students. Electronic learning (E-Learning) is applied as a core learning method to carry out learning during the pandemic. This study aimed at investigating health science students perception about their online learning environment during the pandemic. A mixed method research design was implemented in this current study. The modified version of Online Learning Environment Survey (OLES) was used as the main instrument to collect data from 390 health science students at Aisyiyah University in Yogyakarta consisting of seven study programs such as nursing, anesthesiology, midwifery, physiotherapy, nutrition, medical lab technology and radiology. The data was collected by distributing online questionnaires which were analyzed by ANOVA. Besides, the semi-structure interview was also conducted to gain profound information on student perceptions and were analyzed thematically. Contrary assumption from the previous research, this study found that there were no statistically differences between students from the seven study programs in respect to their perception of online learning environment. Majority of students agreed that during pandemic they have studied real cases and considered to be relevant to issues that occur outside the classroom. However, in health science education systems where many courses are practical oriented, students still experience plenty of technical and non-technical issues that lower the quality of online learning rate. Students confirmed that shifting completely to online mode may not be possible to enhance their skill to become a professional medical in the future. Therefore, it is prominent to design an effective E-Learning curriculum for health science education system for the new normal.
Kata Kunci : Pandemi COVID-19, pembelajaran daring, suasana belajar, Online Learning Environment Survey (OLES) / COVID-19 pandemic, online learning, learning environment, Online Learning Environment Survey (OLES)