Laporkan Masalah

EVALUASI PROGRES TRANSFORMASI DIGITAL PPKGBK

LUTHFI HAKIM, Willy Abdillah, Dr., M.Sc.

2022 | Tesis | MAGISTER MANAJEMEN (KAMPUS JAKARTA)

Model 7S McKinsey merupakan metode yang digunakan untuk mengevaluasi suatu manajemen perubahan yang dilakukan perusahaan dengan menilai elemen keras (strategy, structure) dan elemen lunak (shared value, skill, style, staff) yang ada. Perusahaan perlu melakukan evaluasi segala manajemen perubahan yang dilakukan secara berkala, terutama dalam era revolusi industri 4.0 yang mengharuskan beradaptasi dengan adanya perubahan teknologi dan transformasi digital secara global. Penelitian ini membahas mengenai evaluasi progres dari transformasi digital yang dilakukan oleh PPKGBK (Pusat Pengelolaan Komplek Gelora Bung Karno), baik di internal perusahaan maupun di kawasan GBK untuk memenuhi Rencana Jangka Panjang Perusahaan (RJPP) tahun 2020-2024. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui progres transformasi digital yang sedang berjalan di PPKGBK. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus secara kualitatif dengan melakukan wawancara kepada pihak manajemen internal PPKGBK. Hasil dari analisa penelitian yang diperoleh bahwasanya PPKGBK perlu memperhatikan kejelasan system yang menjalankan perusahaan, skill yang masih memiliki kesenjangan pada literasi digital, dan style manajemen yang konvensional dan terkesan kuno. Maka dari itu, diperlukan adanya beberapa perubahan dan perbaikan untuk memperbaiki proses transformasi digital di PPKGBK dalam rangka memenuhi RJPP yang telah dirancang.

7S McKinsey model is a method that can be used to evaluate a change management within a company by assessing their existing hard elements (strategy, structure, system) and soft elements (shared value, skill, style, staff). Companies need to evaluate their change management periodically, particularly at this industrial revolution 4.0 that require to adapt with any technology changes and digital transformation globally and disruptively. This study will discuss about evaluation of digital transformation that PPKGBK is doing, both internally and at GBK complex to fulfil company long-term plan (2020-2024). The objective of this study is to understand the progress of digital transformation that is ongoing in PPKGBK. This research is a qualitative case study by conducting interviews with internal management parties of PPKGBK. The results of this research showed that PPKGBK needs to pay attention their systems clarity that runs the company, skills that still have gap at its digital literacy, and their conventional-to-antiquate management style. Therefore, changes and improvements are needed to fix the digital transformation processes in PPKGBK in order to fulfil company designed long-term plan.

Kata Kunci : Model 7S McKinsey, Transformasi Digital/7S McKinsey Model, Digital Transformation

  1. s2-2022-452733-abstract.pdf  
  2. s2-2022-452733-bibliography.pdf  
  3. s2-2022-452733-tableofcontent.pdf  
  4. s2-2022-452733-title.pdf