ENGARUH KARAKTERISTIK PEKERJAAN PERSEPSIAN DAN ATRIBUT ORGANISASI PERSEPSIAN TERHADAP NIAT MELAMAR PEKERJAAN DENGAN DAYA TARIK ORGANISASI SEBAGAI VARIABEL PEMEDIASI (Studi pada Generasi Z)
NURUL AFIFAH, Rr Tur Nastiti, M.Si., Ph.D.
2022 | Skripsi | S1 MANAJEMENPenelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh karakteristik pekerjaan persepsian dan atribut organisasi persepsian terhadap niat melamar pekerjaan dengan daya tarik organisasi sebagai variabel pemediasi, studi dilakukan pada generasi Z di Indonesia. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei dan terdapat sebanyak 275 responden yang mengisi survei penelitian ini. Responden tersebut telah memenuhi kriteria yaitu merupakan golongan generasi Z yang berusia 19 sampai 24 tahun dan memiliki perhatian terhadap proses pencarian kerja minimal dalam kurun waktu satu tahun terakhir. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik analisis Structural Equation Model (SEM) untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian dari olahan data yang telah dilakukan yaitu karakteristik pekerjaan persepsian terbukti berpengaruh positif signifikan terhadap niat melamar pekerjaan pada generasi Z, tetapi atribut organisasi persepsian tidak berpengaruh signifikan terhadap niat melamar pekerjaan pada generasi Z. Selain itu, penelitian ini juga menemukan bahwa daya tarik organisasi memediasi secara parsial pengaruh karakteristik pekerjaan persepsian terhadap niat melamar pekerjaan, sedangkan untuk pengaruh atribut organisasi persepsian terhadap niat melamar pekerjaan dimediasi secara penuh oleh daya tarik organisasi.
This study aims to examine the influence of perceived job characteristics and perceived organizational attributes towards intention to apply mediated by organizational attractiveness, the study was conducted on Generation Z in Indonesia. This study used a quantitative approach with a survey method for data collection. There were 275 respondents who filled out this research survey. The respondents have met the criteria, namely being a generation Z aged 19 to 24 years old and having attention to the job search process at least within the last one year. Structural Equation Model (SEM) was used to test the hypothesis in this study. The result of this study found that perceived job characteristics has significant positive influence towards intention to apply for jobs in Indonesia's generation Z, but perceived organizational attributes have no significant effect on intention to apply for job in Indonesia's generation Z. Furthermore, this study also found that the influence of perceived job characteristics towards intention to apply for a job is partially mediated by organizational attractiveness, while the influence of perceived organizational attributes towards intention to apply is fully mediated by organizational attractiveness.
Kata Kunci : Karakteristik Pekerjaan Persepsian, Atribut Organisasi Persepsian, Niat Melamar Pekerjaan, Generasi Z