Laporkan Masalah

Tujuan dan Motivasi Siswa Korean First untuk Belajar Bahasa Korea

KURNIA LATHIFAH, Yuni Wachid Asrori, S.S., M.A.

2021 | Tugas Akhir | D3 BAHASA KOREA

Tugas Akhir ini berjudul "Tujuan dan Motivasi Siswa Korean First untuk Belajar Bahasa Korea." Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tujuan dan motivasi yang mendorong semangat belajar siswa/i Korean First dalam mempelajari bahasa Korea. Metode yang digunakan dalam menyusun Tugas Akhir ini adalah metode kuantitatif. Data dikumpulkan dengan cara menyebarkan kuesioner dan melakukan observasi selama 2 bulan (Februari-Maret) dengan mengamati proses pembelajaran di kelas offline Korean First. Setelah itu, hasil kuesioner akan dianalisis untuk mengetahui tujuan dan motivasi belajar siswa/i. Hasil yang diperoleh adalah lulus ujian EPS TOPIK dan bisa mengikuti mengikuti penyaluran kerja merupakan tujuan utama responden belajar bahasa Korea. Berdasarkan faktor yang mempengaruhi motivasi terbagi atas motivasi intrinsik dan ekstrinsik. Hasilnya responden cenderung termotivasi secara intrinsik daripada ekstrinsik. Selanjutnya, berdasarkan motivasi belajar bahasa kedua/L2 (asing) terbagi menjadi motivasi integratif dan instrumental. Hasilnya responden cenderung termotivasi oleh motivasi integratif daripada motivasi instrumental.

The title of this thesis is "Purpose and Motivation of Korean First Students to Learn Korean Language." This study aims to determine the purposes and motivations that encourage the enthusiasm of the Korean First students in learning Korean language. The method used in compiling this thesis is a quantitative method. Data was collected by distributing questionnaires and observation for 2 months (February-March) by observing the learning process in the offline class of Korean First. After that, the results of the questionnaire will be analyzed to determine the purposes and motivation of student's learning. The result obtained are that passing the EPS TOPIK exam and being able to participate in the job distribution is the main purpose of respondent to learn Korean. Based on the factors that influence motivation, it is divided into intrinsic motivation and exstrinsic motivation. The result is that respondents tend to be motivated by intrinsic motivation rather than extrinsic motivation. Furthermore, based on the motivation to learn a second language/L2 (foreign) it is divided into integrative motivation and instrumental motivation. The result is that respondents tend to be motivated by integrative motibation rather than instrumental motivation.

Kata Kunci : tujuan, motivasi/purpose, motivation

  1. D3-2021-431660-abstract.pdf  
  2. D3-2021-431660-bibliography.pdf  
  3. D3-2021-431660-tableofcontent.pdf  
  4. D3-2021-431660-title.pdf