Pengaruh Penggunaan Kampas Kopling Racing Daytona Terhadap Torsi dan Daya Pada Sepeda Motor Honda Supra X 125
RIRIN JAMI AZIS, Harjono, S.T.,M.T.
2021 | Tugas Akhir | D3 TEKNIK MESINKomponen kendaraan bermotor yang berperan penting dalam pemindahan transmisi dan meningkatkan kinerja kendaraan adalah salah satunya kopling. Untuk meningkatkan kinerja kopling dapat dilakukandengan penggunaan kampas kopling berbahan kevlar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan kampas kopling Daytona Racing terhadap Torsi dan Daya mesin sepeda motor Honda Supra X 125. Hasil dalam penelitian ini torsi pada Kampas Kopling racing Daytona lebih unggul, dilihat pada putaran 5000 RPM kampas kopling standar adalah sebesar 9.75 Nm dan pada Daytona sebesar 11.21 Nm. Dan pengujian selanjutnya torsi tertinggi yang dihasilkan mesin dengan kampas kopling standar adalah sebesar 10,43 Nm pada putaran 5000 RPM dan pada mesin dengan kampas kopling daytona kevlar uji torsi tertinggi adalah sebesar 10.57 Nm. Dan daya pada kampas kopling Daytona memiliki keunggulan pada semua putaran. Besar daya tertinggi yang dihasilkan mesin dengan kampas kopling standar adalah sebesar 7.1 HP pada putaran 7000 RPM. Sedangkan pada mesin dengan kampas kopling daytona kevlar daya tertinggi adalah sebesar 9.3 HP. Dalam hasil uji daya pengujian ke 2 besar daya tertinggi yang dihasilkan mesin dengan kampas kopling standar adalah sebesar 9.0 HP pada putaran 7000 RPM. Sedangkan pada mesin dengan kampas kopling daytona kevlar daya sebesar 10,7 HP. Sehingga Ada pengaruh pengunaan kampas kopling Daytona Racing terhadap torsi dan daya sepeda motor Honda Supra X 125.
One of the components of motorized vehicles that play an important role in shifting transmissions and improving vehicle performance is the clutch. To improve the performance of the clutch can be done by using a clutch made of Kevlar. This study aims to determine the effect of the use of Daytona Racing clutch pads on the torque and power of the Honda Supra X 125 motorcycle engine. The results in this study the torque on Daytona racing clutch pads is superior, seen at 5000 RPM rotation of standard clutch pads is 9.75 Nm and at Daytona of 11.21 Nm. And the next test the highest torque produced by the engine with standard clutch is 10.43 Nm at 5000 RPM and on the engine with Daytona Kevlar clutch the highest torque test is 10.57 Nm. And the power on the Daytona clutch has the advantage over all laps. The highest power produced by the engine with a standard clutch is 7.1 HP at 7000 RPM. While the engine with Daytona Kevlar clutch has the highest power of 9.3 HP. In the results of the 2nd test power test, the highest power produced by the engine with standard clutch pads is 9.0 HP at 7000 RPM rotation. While the engine with Daytona Kevlar clutch has a power of 10.7 HP. So there is an effect of the use of Daytona Racing clutch on the torque and power of the Honda Supra X 125.
Kata Kunci : Racing Clutch, Power, Torque, Supra X 125.