ANALISIS KOMPETENSI INTI UNTUK MENINGKATKAN KEUNGGULAN BERSAING (STUDI PADA PT BANK TABUNGAN NEGARA)
SARMA L C PANDIANGAN, Suyanto, S.E., M.B.A., Ph.D.
2021 | Tesis | MAGISTER MANAJEMEN (KAMPUS JAKARTA)ABSTRAK Penelitian ini dilakukan untuk menentukan kompetensi inti yang dimiliki oleh PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk atau Bank BTN dengan menggunakan perspektif sumber daya. Penelitian dilakukan dengan metode studi kasus pada Bank BTN yang bergerak di jasa layanan keuangan perbankan dengan fokus pembiayan perumahan di Indonesia melalui data primer dan data sekunder. Perspektif sumber daya (Resource Based-View) digunakan untuk meneliti bagaimana sumber daya dan kapabilitas perusahaan yang menjadi kekuatan kunci mampu memberikan dampak strategis dan mendukung perusahaan dalam mencapai keunggulan kompetitif berkelanjutan melalui VRIO Framework (Valuable, Rare, Costly to Imitate and Exploited by Organization). Selanjutnya hanya sumber daya dan kapabilitas yang memberikan akses pasar, memberikan nilai tambah dan sulit ditiru oleh pesaing yang dapat diakui sebagai kompetensi inti, yaitu brand dan reputasi, kemitraan dengan pengembang dan lembaga pemerintah serta perbaikan bisnis proses yang berkelanjutan. Dengan mengetahui kompetensi inti yang dimiliki perusahaan, Bank BTN dapat melakukan pengembangan atas kompetensi inti tersebut untuk meningkatkan pertumbuhan perusahaan.
This research was done to determine the core competencies of PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (Bank BTN) by using resource-based view. The research was conducted using case study method on Bank BTN, which is engaged in banking financial services with a focus on housing finance in Indonesia, through primary and secondary data. Resource based-view is used to examine how the company's resources and capabilities which become key strengths are able to provide strategic impact and support the company in achieving sustainable competitive advantage through the VRIO (Valuable, Rare, Imitable, Organized to Capture Value) framework. Only resources and capabilities that provide market access, provide added value, and are difficult to imitate by competitors can be recognized as core competencies. Through this research, it is found that Bank BTN's core competencies include one resource and two capabilities which are brand and reputation, partnerships with developers and government agencies, as well as continuous improvement of business process. By knowing its core competencies, Bank BTN can develop these core competencies to increase company growth.
Kata Kunci : PT Bank Tabungan Negara, Sumber Daya, Kapabilitas, VRIO, Keunggulan Kompetitif, Kompetensi Inti