ANALISIS PARENTING FIT MATRIX DALAM PENERAPAN CORPORATE STRATEGY PADA PT. BAKRIE METAL INDUSTRIES, TBK
ULFAH HAKIMA, Suyanto S.E., M.B.A., Ph.D.,
2021 | Tesis | MAGISTER MANAJEMEN (KAMPUS JAKARTA)PT. Bakrie Metal Industries (BMI) merupakan salah satu sub-holding dari PT. Bakrie and Brothers, Tbk (BNBR) yang bergelut dibidang manufaktur. BMI sendiri memiliki 3 anak usaha dibawanya, yaitu Bakrie Autoparts (BA), Bakrie Construction (BCons), dan Bakrie Pipe Industries (BPI). Sebagai induk perusahaan, BMI harus dapat membuat strategi korporasi yang dapat memberikan manfaat bagi perusahaannya dan juga untuk anak perusahaannya sehingga dapat memberikan nilai tambah, yang disebut sebagai parenting advantage. Setiap anak perusahaan pasti memiliki kebutuhan dan kepentingan yang berbeda sehingga perlu ada penilaian terhadap pola pengasuhan BMI terhadap anak perusahaannya. Saat ini BMI belum memiliki pola pengasuhan khusus terhadap setiap anak perusahaannya, maka perlu adanya penilaian terhadap strategi induk perusahaan terhadap pola pengasuhan berdasarkan kesesuaian antara induk perusahaan dan anak perusahaan. Kesesuaian induk dengan anak perusahaan dilakukan dengan menggunakan analisis corporate parenting framework, yang terdiri dari empat komponen utama yaitu, parenting characteristics, parenting opportunities, critical success factor, dan parenting fit matrix. Tujuannya untuk memberikan masukan dalam pola pengasuhan strategi korporasi berbeda pada setiap anak perusahaannya. Secara garis besar anak perusahaan BMI menunjukkan bahwa masih dapat terus berkontribusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa BA dan BPI sebagai anak perusahaan BMI memiliki tingkat kesesuaian yang tinggi dengan parent characteristic dengan critical success factor dan parenting opportunities, sehingga kedua perusahaan ini masuk dalam kategori heartland. Sedangkan BCons memiliki tingkat kesesuaian yang cukup sesuai dengan BMI, dikarenakan ada kategori yang memiliki nilai bobot yang kecil dari parenting opportunities dan critical success factor, sehingga BCons masuk dalam posisi edge of heartland. Secara keseluruhan sesuai dengan prospek ke depan yang diyakini dan telah direncanakan oleh direktur utama BMI, seluruh anak perusahaan BMI masih memiliki potensi untuk berkontribusi ke depannya kepada BMI.
PT. Bakrie Metal Industries (BMI) is one of the sub-holdings of PT. Bakrie and Brothers, Tbk (BNBR) which is engaged in manufacturing. BMI itself has 3 subsidiaries under it, namely Bakrie Autoparts (BA), Bakrie Construction (BCons), and Bakrie Pipe Industries (BPI). As a holding company, BMI must be able to create strategic corporations that can provide benefits for the company and also for its subsidiaries so that they can provide added value which is called parenting advantage. Each subsidiary must have different needs and interests, so it is necessary to assess the pattern of care for migrant workers for their children. Currently, BMI does not have a special parenting pattern for each of its subsidiaries, so companies need to pay attention to the parenting strategy of the parent company based on the suitability between the parent company and its subsidiaries. The suitability of parents with subsidiaries is carried out using an analysis of the corporate parenting framework, which consists of four main components, namely parenting characters, parenting opportunities, critical success factors, and parenting fit matrix. The aim is to provide input into the parenting style of the different corporate strategies in each of its subsidiaries. Broadly speaking, BMI's subsidiaries show that they can continue to contribute. The results showed that BA and BPI as subsidiaries of BMI have a high level of adjustment to parent characteristics with critical success factors and parenting opportunities, so that the second company is included in the heartland category. Meanwhile, BCon has a level of adjustment that is quite appropriate to BMI, because there are categories that have a small weighting value of parenting opportunity and critical success factor, so that BCon is included in the edge of heartland position. Overall, in accordance with the future prospects believed and planned by the President Director of BMI, all subsidiaries of BMI still have the potential to contribute in the future for BMI.
Kata Kunci : corporate parenting framework, parenting characteristic, parenting opportunities, critical success factor, parenting fit matrix.