ANALISIS RENCANA STRATEGIS DISTRIBUSI PRODUK FARMASI RANTAI DINGIN STUDI PADA PT. KIMIA FARMA TRADING & DISTRIBUTION
I GEDE DWIJA BAWA T, Ertambang Nahartyo, Dr., M.Sc., CMA., Ak., CA
2021 | Tesis | MAGISTER MANAJEMEN (KAMPUS JAKARTA)Penelitian ini mengambil bidang amatan pada produk farmasi rantai dingin menggunakan metode deskriptif dengan teknik analisis kualitatif melalui pendekatan single-case research. Penulis mengambil lokasi penelitian di PT. Kimia Farma Trading & Distribution, Jakarta. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) melakukan analisis lingkungan internal dan eksternal serta isu-isu strategis yang mempengaruhi pada proses perumusan rencana strategis serta melakukan formulasinya; (2) memahami dan mengevaluasi rencana strategis pengembangan bisnis distribusi produk farmasi rantai dingin di PT Kimia Farma Trading & Distribution; (3) melihat dan mengevaluasi pemahaman rencana strategis pengembangan bisnis distribusi produk farmasi rantai dingin PT Kimia Farma Trading & Distribution serta pengembangannya ke dalam strategi kerja. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Analisis data dilaksanakan saat wawancara melalui panduan tujuan penelitian. Penulis melakukan penyajian data yang diperoleh menjadi teks naratif dari hasil analisis lingkungan internal dan eksternal, porter five forces serta pengunaan matriks SWOT. Rencana strategis kemudian dianalisis menggunakan framework five elements of strategy. Peneliti juga melihat penerimaan dan pemahaman dari karyawan atas rencana strategis yang telah disusun dengan membagikan pertanyaan tertutup. Peneliti mengidentifikasi isu strategis pada perencanaan strategis bisnis distribusi produk farmasi rantai dingin adalah diversifikasi produk sebagai pendorong pertumbuhan pencapaian perusahaan secara organik, peningkatan kualitas SDM yang profesional dan memenuhi kualifikasi yang dipersyaratkan dalam CDOB, pemanfaatan perkembangan teknologi khususnya dalam manajemen rantai pasok untuk mendukung kinerja perusahaan, transformasi mindset, skillset serta toolset ke arah bisnis produk farmasi rantai dingin, serta optimalisasi pengelolaan prinsipal untuk menjaga modal kerja yang efektif dan efisien. Dari analisis five element of strategy menghasilkan bahwa perusahaan akan bermain di segmen vaksin, antisera dan imunologis serta kategori hematopoetic agents dengan diferensiasi pada coverage area serta reputasi yang terbukti dalam kelayakan CDOB. Untuk mewujudkan hal tersebut, perusahaan mengambil langkah pengembangan internal dengan target berikutnya akan masuk ke pasar preparat insulin. Rencana strategis ini secara economic logic menguntungkan karena pengembalian investasi akan terjadi pada bulan Juni tahun 2023 sehingga dari total empat tahun proyek berjalan, terdapat delapan belas bulan murni keuntungan perusahaan. Rencana strategis pengembangan bisnis distribusi produk farmasi rantai dingin telah menjadi dokumen strategik yang digunakan setiap unit untuk mengembangkan strategi yang efektif sesuai peran dan fungsinya masing-masing
This research takes the field of observation on cold chain pharmaceutical products using descriptive methods with qualitative analysis techniques through a single-case research approach. We took the research location at PT. Kimia Farma Trading & Distribution, Jakarta. The objectives of this research are (1) to analyze the internal and external environment as well as strategic issues that affect the strategic plan formulation process; (2) to understand and evaluate the strategic plan of cold chain pharmaceutical product distribution business at PT Kimia Farma Trading & Distribution; (3) to evaluate the understanding of the strategic plan itself to the employess. Data was collected through observation, interviews, and documentation studies. Data analysis was carried out during interviews through the research objective guide. The author presents the data obtained as a narrative text from the results of the internal and external environment analysis, porter's five forces and the use of the SWOT matrix. The strategic plan is then analyzed using the five elements of strategy framework. We also saw the acceptance and understanding of the employees on the strategic plan that had been prepared by distributing closed questions. We identify strategic issues in the strategic planning of cold chain pharmaceutical product distribution business: product diversification as a growth driver for the company's organic achievements, improving the quality of human resources and meeting the qualifications required in CDOB, utilizing technological developments, especially in supply chain management to support company performance, transformation of mindset, skillset and toolset towards cold chain pharmaceutical product business, as well as optimizing principal management to maintain effective and efficient working capital. From the analysis of the five elements of strategy, it is found that the company will focus on the vaccine, antisera and immunological segments, as well as hematopoietic agents with differentiation in coverage area and a proven reputation in the feasibility of CDOB. To achieve this, the company took internal development steps with the next target entering the insulin preparations market. This strategic plan is economically logical because the return on investment will occur in June 2023, so that out of a total of four years of ongoing projects, there are eighteen months of pure company profits. The strategic plan for cold chain pharmaceutical product distribution business development has become a strategic document used by each unit to develop an effective strategy according to their respective roles and functions.
Kata Kunci : perencanaan strategis, lingkungan internal, lingkungan eksternal, analisis SWOT, Porter Five Forces, Five Elements of Strategy