PELINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP PEMALSUAN MEREK KOSMETIK (STUDI KASUS PRODUK NATURE REPUBLIC DAN SOME BY MI)
ULFA AFRIANI, Dr. Hariyanto, S.H., M.Kn.
2021 | Tesis | MAGISTER HUKUM BISNIS DAN KENEGARAANPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis (1) Tanggung jawab pelaku usaha penjual produk kosmetik khususnya produk Nature Republic dan Some By Mi (2) Pelindungan terhadap konsumen secara Normatif dan Empris kepada pengguna kosmetik khususnya produk Nature Republic dan Some By Mi (3) Faktor yang menghambat pelindungan terhadap konsumen pengguna kosmetik. Penelitian ini merupakan penelitian Normatif-Empiris, yakni penelitian normatif dilakukan dengan melakukan penelitian kepustakaan untuk mendapatkan data sekunder dengan mempelajari bahan hukum primer, bahan hukum sekunder, bahan hukum tersier. Penelitian empiris dilakukan melalui penelitian lapangan dengan wawancara kepada subjek penelitian menggunakan pedoman wawancara untuk mendapatkan data primer. Data primer dan data skunder yang telah diperoleh dari penelitian dianalisis secara kualitatif guna melahirkan sebuah kesimpulan yang dapat menjawab permasalahan. Hasil penelitian ini memberikan kesimpulan sebagai berikut: (1) Pelaku usaha tidak bertanggung jawab atas penjulan produk palsu merek Nature Republic dan Some By Mi (2) Bentuk pelindungan konsumen atas peredaran kosmetik palsu berupa ganti rugi uang, ganti rugi barang, dan ganti rugi biaya perawatan/kesehatan, namun pada pelaksanaanya untuk memperoleh hal tersebut konsumen menempuh proses yang panjang dan biaya besar sehingga pelindungan terhadap konsumen belum terpenuhi(3) Faktor penghambat belum terpenuhinya pelindungan konsumen disebabkan beberapa hal diantaranya: pengawasan terhadap peredaran kosmetik kurang optimal, pelaku usaha tidak beritikad baik, pemilik merek dan konsumen yang abai akan kerugian yang dialaminya.
This research aims to know and analyse (1) the responsibilities of business actors selling cosmetic products, especially Nature Republic and Some By Mi products (2) Protection against consumers who use cosmetics, especially Nature Republic and Some By Mi products in a Normative and Empirical manner (3) Factors which hinders the protection of consumers using cosmetics. This research is a normative-empirical research, Normative research is conducted by conducting literature research to obtain secondary data by studying primary legal materials, secondary legal materials, and tertiary legal materials. Empirical research conducted through field research with interviews to research subjects using interview guidelines to obtain primary data. Primary data and secondary data that have been obtained from the study were analyzed qualitatively in order to produce a conclusion that can answer the research problems. The results of this research provide the following conclusions: (1) The business actors have not been fully responsible for the losses suffered by consumers (2) The Form of Consumers protection for the circulation of counterfeit cosmetics are monetary compensation, goods compensation and treatment/healt compensation, but in the practice to obtain this, consumers take a long and costly process (3) Inhibiting factors have not been fulfilled Consumer protection is caused by several things including: supervision of the distribution of cosmetics is not optimal, business actors do not have good intentions, brand owners and consumers who are ignorant of the losses they experience.
Kata Kunci : Tanggung Jawab, Pelindungan Konsumen, Merek Palsu.