Equity Valuation Unilever Indonesia
RAYNALDO EVANTHA, Prof. Eduardus Tandelilin, Ph.D.,
2021 | Tesis | MAGISTER MANAJEMEN (KAMPUS JAKARTA)Unilever Indonesia spesialisasi dalam pembuatan dan penjualan produk konsumen yang bergerak cepat di bidang nutrisi, kebersihan dan perawatan pribadi. Perusahaan beroperasi di empat segmen, termasuk produk perawatan diri, makanan, minuman dan produk perawatan rumah. Perseroan telah mempertahankan pertumbuhan harga saham yang berkelanjutan selama bertahun-tahun sejak Penawaran Umum Perdana (IPO) pada tahun 1982. Pada akhir tahun 2019, Perseroan adalah yang terbesar ke-3 pada kapitalisasi pasar saham di Bursa Efek Indonesia dengan nilai USD 21,4 miliar . Penelitian ini bertujuan untuk melakukan studi penilaian perusahaan Unilever Indonesia, menggunakan pendekatan Discounted Cash Flow untuk mencapai nilai wajar untuk setiap saham pada tanggal 31 Desember 2020. Hasil utama menunjukkan bahwa saham Unilever Indonesia dinilai sedikit di atas nilai wajarnya.
Unilever Indonesia specializes in the manufacture and sale of fast-moving consumer products in the areas of nutrition, hygiene and personal care. It operates in four segments, including personal care, food, beverage and home care. The Company has maintained a sustainable growth in stock price over the years since its Initial Public Offering (IPO) in 1982. At the end of 2020, the Company was the 3rd largest on stock-market capitalization in Indonesia Stock Exchange standing at USD 21.4 billion. The present project aims at carrying out Unilever Indonesia's firm valuation study, using the Discounted Cash Flow approach to achieve the fair value for each share on December 31th, 2020. The key results show that the shares of Unilever Indonesia are valued slightly above their fair value.
Kata Kunci : penilaian ekuitas, discounted cash flows