Laporkan Masalah

Perspektif Pendamping Dewasa Terhadap Ruang dan Interaksi Bermain Anak di Masa Pandemi Covid-19

YOLITA ANDINDYA A P, Dr. Gabriel Roosmargo Lono Lastoro Simatupang, M. A

2021 | Skripsi | S1 ANTROPOLOGI BUDAYA

Seperti yang kita ketahui anak-anak dan bermain merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Sayangnya pandemi covid-19 datang dan membawa perubahan yang dirasakan oleh sebagian besar masyarakat di seluruh dunia. Perubahan ini juga menjadi muncul di pola bermain anak. Penelitian ini bermaksud untuk melihat perubahan pola bermain anak-anak usia sekolah dasar, yakni yang berumur sekitar 6-11 tahun dan bagimana perspektif pendamping dewasa yakni orang tua dan keluarga terdekatnya terhadap perubahan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi partisipasi dan studi pustaka. Selanjutnya penelitian ini akan dianalisis dengan mengacu pada teori bermain dari Vygotsky yakni dalam bermain ada perkembangan aktual dan potensial yang mana potensial yakni ZPD atau zone proximal development. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya perubahan yang terlihat dari pola ruang dan interaksi bermain anak. Perubahan tersebut terbagi menjadi beberapa indikator yakni bentuk, ruang, waktu dan interaksi. Selain itu, perspektif pendamping dewasa ini kemudian melihat bermain dan permainan anak cukup penting dan merupakan kebutuhan anak-anak terlebih di masa pandemi. Pendampingan oleh pendamping dewasa juga berperan untuk mengontrol serta mengetahui bagaimana dunia bermain anak-anak.

Kids and play, as we all know, are inextricably linked. Unfortunately, the Covid-19 epidemic struck, causing widespread effects. Children's play patterns show these changes as well. This study will examine changes in the playing patterns of primary school-aged children, namely those aged 6-11 years, as well as the reactions of adult companions, such as parents and close family members, to these changes. Interviews, participant observation, and a literature review are all used in this study. Furthermore, this study will be evaluated using Vygotsky's theory of play, which states that in playing, there is actual and potential development, with the latter being the ZPD (zone of proximal development). The findings revealed that the arrangement of space and interaction of children's play had changed. These modifications are broken down into four categories: form, space, time, and interaction. In addition, the perspective of today's companions is that children's play and games are highly vital and are the demands of children, especially during the epidemic. Adult attendants also play a role in controlling and understanding how children's worlds operate.

Kata Kunci : Anak, Bermain, Pandemi, Ruang dan Interaksi, Perspektif, Pendamping Dewasa.

  1. S1-2017-414980-abstract.pdf  
  2. S1-2017-414980-bibliography.pdf  
  3. S1-2017-414980-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2017-414980-title.pdf