ANALISIS STRATEGI BERSAING PT. BRIDGESTONE MINING SOLUTIONS INDONESIA DI PASAR BAN SEKTOR TAMBANG NASIONAL
ALVITO RAIHAN M, Agus Setiawan Dr. M.Soc.Sc.,
2021 | Tesis | MAGISTER MANAJEMEN (KAMPUS JAKARTA)Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi tingkat persaingan industri ban di Indonesia, mengidentifikasi tingkat kompetensi PT. Bridgestone Mining Solutions Indonesia serta menformulasikan strategi bersaing yang tepat bagi PT. Bridgestone Mining Solutions Indonesia menghadapi persaingan di bisnis ban sektor tambang. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan desain studi kasus, dilakukan pengumpulan data melalui wawancara mendalam dan studi dokumentasi, untuk selanjutnya diolah dan dianalisis. Hasil penelitian pertama, tingkat persaingan industri ban di Indonesia adalah tingkat persaingan yang sangat ketat antar produsen dalam negeri dan dengan produsen luar negeri yang secara simultan melakukan penyediaan dan pemasaran ban di Indonesia, termasuk ban kendaraan bermotor dengan spesifikasi khusus yang berukuran besar sebagai kebutuhan pada bisnis ban sektor tambang. Hasil penelitian kedua, tingkat kompetensi PT BMSI yang terdiri dari ketersediaan modal, ketersedian aset, sebagian sisi sumberdaya manusia dan sebagian kecil dari sisi pemasaran yang memadai didayagunakan untuk penyiapan dan pelaksanaan strategi pemasaran yang terintegrasi dan paripurna serta peningkatan pelayanan yang menjangkau semua pelanggan dan calon pelanggan di semua wilayah pemasaran potensial untuk menghasilkan peningkatan pangsa pasar produk dan penjualan produk, yang kondusif untuk menghasilkan peningkatan profit perusahaan. Hasil penelitian ketiga, formulasi strategi bersaing yang tepat bagi PT. BMSI menghadapi persaingan bisnis ban adalah strategi utama dalam bentuk mendukung strategi yang agresif dan strategi pelengkap dalam bentuk mendukung strategi yang diversifikasi, masing-masingnya sebagai strategi korporasi yang memerlukan penjabaran lebih lanjut menjadi strategi bisnis dan strategi fungsional.
The purpose of this study is to identify the level of competition in the tire industry in Indonesia, to identify the level of competence of PT. Bridgestone Mining Solutions Indonesia and formulating the right competitive strategy for PT. Bridgestone Mining Solutions Indonesia faces competition in the tire business. By using a descriptive qualitative approach with a case study design, data collection was carried out through in-depth interviews and documentation studies, for further processing and analysis. The results of the first analysis show that the level of competition in the tire industry in Indonesia is a very tight level of competition between domestic producers and with foreign producers simultaneously supplying and marketing tires in Indonesia, including motorized vehicle tires with large special specifications as a necessity in the field. mining, construction and plantation sector businesses. The second research result, the level of competence of PT BMSI which consists of the availability of capital, availability of assets, part of the human resources side and a small part of the marketing side which are sufficiently utilized for the preparation and implementation of an integrated and complete marketing strategy as well as improving services that reach all customers and potential customers. in all potential marketing areas to generate increased market share of products and product sales, which is conducive to generating increased company profits. The results of the third study, the right competitive strategy formulation for PT. BMSI facing tire business competition is an aggressive strategy with the substancies 1) conducting an integrated marketing strategy to maintain the market share of motorized vehicle tires with special specifications that are large in size needed in the mining sector business, 2) conducting market penetration through mutually beneficial cooperation with companies potential mining sector.
Kata Kunci : Tingkat Persaingan, Tingkat Kompetensi, Strategi Bersaing