Analisis Faktor-Faktor yang mempengaruhi Niat Penggunaan Berkelanjutan pada layanan Streaming Video On Demand
RAHMAT RADENI, Bayu Aji Aritejo, S.E., M.M., M.Si., Ph.D.
2021 | Tesis | MAGISTER MANAJEMEN (KAMPUS JAKARTA)Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas sistem, kualitas konten, keterjangkauan harga, dan kemudahan penggunaan terhadap niat penggunaan berkelanjutan pada layanan streaming video on demand (SVOD) di Jabodetabek dengan nilai yang dirasakan dan sikap penggunaan sebagai variabel antara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei menggunakan kuesioner. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsumen yang merupakan pengguna salah satu layanan SVOD berikut Disney + Hotstar, Viu, Vidio, Netflix, dan Mola TV dalam tiga bulan terakhir. Jumlah sampel adalah 388 orang yang diambil melalui teknik purposive sampling. Metode analisis yang digunakan adalah structural equation modeling (SEM) dengan pendekatan metode analisis partial least squares (PLS). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kualitas sistem, kualitas konten, keterjangkauan harga, kemudahan penggunaan memiliki pengaruh secara positif pada variabel nilai yang dirasakan. Selanjutnya variabel sikap penggunaan dipengaruhi secara positif oleh variabel kualitas sistem, kualitas konten, keterjangkauan harga, dan nilai yang dirasakan. Namun untuk variabel kemudahan penggunaan tidak memiliki pengaruh pada sikap penggunaan. Selain itu, variabel nilai yang dirasakan dan sikap penggunaan berpengaruh positif pada niat penggunaan berkelanjutan pada SVOD.
This study aims to analyze the effect of system quality, content quality, perceived price, and ease of use on continuance intention to use of streaming video on demand (SVOD) services in Jabodetabek with perceived value and attitudes to use as intermediate variables. This study was conducted using a quantitative approach with a survey method where data are collected using questionnaire. The sample used in this research is consumers who are users of one of the SVOD services including Disney + Hotstar, Viu, Vidio, Netflix, and Mola TV in the last three months. The number of samples was 388 people who were taken through purposive sampling technique. The analysis method used is structural equation modeling (SEM) with the partial least squares (PLS) analysis method approach. The results of this study indicate that the variables of system quality, content quality, perceived price, ease of use have a positive influence on the perceived value variable. Furthermore, the variable of attitude to use is positively influenced by the variables of system quality, content quality, perceived price and perceived value. However, the ease of use variable has not effect on attitudes to use. In addition, the variables perceived value and attitude to use have a positive effect on the continuance intention to use of SVOD.
Kata Kunci : kualitas sistem, kualitas konten, keterjangkauan harga, kemudahan penggunaan, nilai yang dirasakan, sikap penggunaan, niat penggunaan berkelanjutan, SVOD