KARYA DESAIN Petik Dua MOON ESCAPE - TAILOR MADE HONEYMOON TOUR Petik Dua SEBAGAI PLATFORM E-MARKETPLACE BISNIS PERJALANAN WISATA DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
ADELIA GITA SAFITRI, Carlos Iban, S.S., M.Sc., C.H.E
2021 | Tugas Akhir | D4 Bisnis Perjalanan WisataBulan madu menjadi salah satu perjalanan yang tergolong privat. Prosesi ini tergolong kedalam kebutuhan yang tidak wajib dilakukan sehingga pasarnya cukup terbatas. Adanya permintaan pasar bulan madu telah mendorong banyak bisnis di dunia pariwisata untuk ikut andil memanfaatkan keuntungan ini. Peluang pasar tersebut membutuhkan satu wadah untuk menaungi bisnis pariwisata yang berkaitan dengan kegiatan bulan madu agar memudahkan proses pertememuan antara pasangan bulan madu dengan vendor. Berdasarkan perluang, perlu adanya karya desain berupa aplikasi yang diberi nama Petik Satu Moon Escape Petik Satu. Moon Escape adalah aplikasi yang menawarkan jasa perjalanan bulan madu dengan fokus destinasinya sekitar Daerah Istimewa Yogyakarta. Tujuan pembuatan karya desain berbentuk aplikasi ini adalah untuk mempermudah wisatawan merancang perjalanan wisata khusus bulan madu secara mandiri dan sesuai keinginan, serta sebagai media promosi dan pemasaran vendor bulan madu di Yogyakarta. Metode penelitian dalam karya desain ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Penelitian ini mengukur kelayakan karya desain website mengunakan 10 Indikator Heuristic Evaluation. Dari enam narasumber yang diminta untuk menilai karya desai website ini, dua di antaranya memberi masukan pada menu itinerary. Tiga informan memberi masukan pada tidak konsistennya bahasa yang digunakan. Dua informan memberi saran untuk menempatkan kolom search pada halaman home. Dua informan memberikan saran untuk menambahkan menu login untuk menjaga kerahasiaan data pengunjung. Lima dari enam narasumber mengatakan bahwa informasi yang diberikan masih kurang mendetail.
Honeymoon is one of the 'private' trips. This procession is classified as a necessity that is not mandatory so the market is quite limited. The demand for the honeymoon market has encouraged many stakeholders in the world and tourism to take part in taking advantage. This market opportunity requires a platform to accommodate stakeholders related to honeymoon activities in order to facilitate the meeting process between honeymooners couples and vendors. Based on the demand, there is a need for design work in the form of an application called 'Moon Escape'. Moon Escape is an application that offers honeymoon travel services with a focus on destinations around the Special Region of Yogyakarta. The purpose of making this prototype in the form of an application is to facilitate special honeymoon trips independently and as desired, as well as a promotional and marketing media for honeymoon vendors in Yogyakarta. The research method in this design work uses descriptive qualitative data collection methods, namely interviews, observations and documentation studies. This study measures the website prototype using 10 Heuristic Evaluation Indicators. There are six interviewees informants who were asked to evaluate the prototype of this website, two of them gave input on the itinerary menu. Three informants gave input on the inconsistent language used. Two informants suggested placing the search field on the home page. Two informants gave suggestions to add a login menu to maintain the confidentiality of visitor data. Five of the six interviewees said that the information provided was still lacking in detail.
Kata Kunci : Kata kunci: Bulan Madu, Karya Desain Website, Heuristic Evaluation