Laporkan Masalah

Marketing Communication Strategy of Pulang ke Uttara Yogyakarta through Integrated Marketing Communication (IMC) in Responding the Outbreak of COVID-19

NATASHA CHRISTANTI, Ahmad Mu'am, S.S., M.Sc.

2021 | Tugas Akhir | D4 BAHASA INGGRIS

Memasuki tahun 2020, dunia dihebohkan dengan merebaknya kontaminasi virus COVID-19. Industri pariwisata dan perhotelan termasuk salah satu industri yang terkena dampak berat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan strategi komunikasi pemasaran yang diterapkan oleh Pulang ke Uttara Yogyakarta dalam merespon wabah COVID-19 melalui Integrated Marketing Communication (IMC). Teori yang digunakan dalam penelitian kualitatif ini adalah 4 Tahapan dalam Merumuskan Penerapan Integrating Marketing Communication (IMC) Framework. Penelitian ini mengeksplorasi proses penyampaian pesan 'new normal' dari perusahaan kepada pelanggan melalui Strategi IMC. IMC bertujuan untuk menyampaikan pesan yang sama di seluruh channel IMC. Strategi IMC dilakukan untuk menjaga pesan supaya dapat dimengerti dan tersampaikan secara konsisten. Instrumen penelitian dalam penelitian ini adalah wawancara dan feedback survey sebagai riset pasar. Selain itu, validasi dan reliabilitas penelitian ini dilakukan melalui Teknik triangulasi, khususnya triangulasi sumber. Sementara reliabilitas dibuktikan dengan replikasi metode. Penulis membandingkan data wawancara dari satu informan dengan informan lainnya untuk mengkonfirmasi data. Wawancara menggunakan metode semi terstruktur dan pertanyaan terbuka sebagai metode wawancara. Sedangkan feedback survey dianalisis dengan menggunakan metode kategorisasi ordinal. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa Strategi IMC telah digunakan oleh Pulang ke Uttara dalam merespon pandemic COVID-19, dengan cara menyampaikan pesan yang sama di semua saluran IMC. Pesan dari Pulang ke Uttara adalah jelas bahwa Pulang ke Uttara sedang bersiap untuk menyambut 'normal baru' dan. Sebelumnya, untuk merumuskan pesan itu, Pulang ke Uttara merumuskan IMC melalui 4 tahapan yang terdiri dari membangun koordinasi taktis IMC, menjaga komitmen untuk mendukung IMC dengan melakukan riset pasar, menerapkan informasi dan teknologi dalam mengembangkan IMC, dan mengintegrasikan strategi dalam memberdayakan IMC. Berdasarkan penelitian tersebut, perlu adanya pelaporan dan evaluasi dari semua proses yang telah dilaksanakan dalam rangka pemberdayaan IMC, sebagai tahap 4. Tahap pertama, kedua, dan ketiga telah dilakukan dengan baik dengan tujuan yang sama, yaitu secara konsisten menyampaikan pesan yang sama di semua mua saluran IMC. Namun, laporan dan evaluasi pada tahap 4 perlu dioptimalkan untuk meningkatkan strategi. Selain itu, memperluas lebih banyak saluran dalam menyampaikan pesan dapat mengembangkan Strategi IMC dan memperkuat perspektif pelanggan terhadap merek.

Coming into 2020, the world was shaken through the outbreak of COVID-19. It has affected big impact to the tourism and hospitality industry. The objective of the study is to explain the marketing communication strategy implemented by Pulang ke Uttara Yogyakarta in responding to the outbreak of COVID-19. Therefore, Marketing Communication strategy through Integrated Marketing Communication (IMC) that analyzed using 4 stages of IMC Framework was conducted at Pulang ke Uttara Yogyakarta.Theories used in this qualitative research is 4 Stages in Developing Integrating Marketing Communication (IMC) Framework. This research explores the process of delivering a new normal messages from company to the customer through IMC Strategy. IMC Strategy aimed to keep the messages understandable and deliver the same message consistently through various channels of IMC. The research instrument of this research are interview and feedback survey as market research. Moreover, the validation and reliability of this research was conducted through triangulation method, specifically sources triangulation. The reliability of the research was tested using replication method. The writer compared the interview data from one informant to another to confirm the data. The interview used semi-structured method and open-ended questions as the interview method. Meanwhile, the feedback survey was analyzed by using ordinal categorization method The findings of this research shows that Pulang ke Uttara already used IMC Strategy, by delivering the same messages in all channels. The message is clearly defined that Pulang ke Uttara is preparing to welcome the a new normal and they are ready to face it. Furthermore, Pulang ke Uttara conducted IMC through 4 stages that consist of building tactical coordination of IMC, keeping the commitment to support IMC by having market research, applicating information and technology in supporting IMC, and integrating the strategy in empowering IMC. Based on the research, it is necessary to report and evaluate all of the process that was implemented in order to empowering IMC, as stages 4. The first, second, and third stages were conducted properly with the equivalent objectives, consistent to deliver the same messages through all channels of IMC. However, the report and evaluation in the stages 4 need to be optimized to improve the strategy. Besides, expanding more channels in delivering message can develop the IMC Strategy and strengthen the customer's perspective to the brand.

Kata Kunci : COVID-19, Integrated Marketing Communication, Marketing Communication, New Normal

  1. DIV-2021-450911-abstract.pdf  
  2. DIV-2021-450911-bibliography.pdf  
  3. DIV-2021-450911-tableofcontent.pdf  
  4. DIV-2021-450911-title.pdf