Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi, Indeks Harga Konsumen, dan Indeks Tendensi Konsumen terhadap Pertumbuhan Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Jawa Tengah
WAHYU ERLANGGA PUTRA, Dr. Kun Haribowo , S.E., M.Si
2021 | Tugas Akhir | D4 PEMBANGUNAN EKONOMI KEWILAYAHANPenelitian ini bertujuan untuk meneliti tentang seberapa besar pengaruh variabel pertumbuhan ekonomi, indeks harga konsumen, dan indeks tendensi konsumen terhadap usaha mikro kecil dan menengah di Jawa tengah. Data yang digunakan adalah data yang didapat dari Badan Pusat Statistik provinsi Jawa Tengah dan Departemen Koperasi dan UMKM Jawa Tengah. Data yang digunakan dimulai dari Triwulan pertama tahun 2012 hingga triwulan ke kedua tahun 2019, dan data yang digunakan berjumlah 30. Analisis yang akan digunakan adalah regresi data panel dengan olah data menggunakan E-Views 10. Dari hasil penelitian ini didapatkan bahwa pertumbuhan ekonomi berpengaruh positif terhadap Pertumbuhan UMKM di Jawa Tengah dengan nilai koefisien sebesar 0,605 dan nilai probability yaitu 0,0111. Pengaruh Indeks Tendensi Konsumen (ITK) sebesar 2,551 dengan probability yaitu 0,0001, dan yang terakhir yaitu Indeks Harga Konsumen (IHK) memiliki nilai koefisien sebesar 1,82 dengan probability 0,0031. Hasil dari penelitian ini dapat digunakan sebagai evaluasi implementasi Rancangan Pembangunan Jangka Menengah provinsi Jawa Tengah, yaitu dengan memperhatikan Pertumbuhan Ekonomi, Indeks Harga Konsumen, dan Indeks Tendensi Konsumen agar UMKM dapat berkembang lagi.
This study aims to examine the effect of variables of economic growth, consumer price index and consumer tendency index on micro, small and medium enterprises in Central Java. The data used in this study obtained from the Central Java Provincial Statistics Agency and the Department of Cooperatives and SMEs in Central Java. The data starts from the first quarter of 2012 to the second quarter of 2019, so the total number of data is 30. The analysis used this study is panel data regression E-Views 10 as the data processor. Based on results of this study, that economic growth has a positive effect on the growth of MSMEs in Central Java with a coefficient value of 0.605 and a probability value of 0.0111. The coefficient value of the Consumer Tendency Index (CTI) is 2.551 with a probability value of 0.0001, while the Consumer Price Index (CPI) which has a coefficient value of 1.82 with a probability value of 0.0031. The results of this study can be used as an evaluation of the implementation of the Medium-Term Development Plan of Central Java province, by paying attention to Economic Growth, Consumer Price Index, and Consumer Tendency Index in order to boost the development of MSMEs.
Kata Kunci : Pertumbuhan Ekonomi, IHK, ITK, UMKM, RPJMD