ANALISIS FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP PENGGUNAAN APLIKASI BELAJAR ONLINE SEBAGAI UPAYA PENGEMBANGAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN DI INDONESIA
JEANNETTA PUTRI W S, Ir. Hilya Mudrika Arini, S.T., M.Sc., M.Phil., Ph.D., IPM, Asean.Eng.
2021 | Skripsi | S1 TEKNIK INDUSTRIPendidikan merupakan aspek penting dalam perkembangan dan pembangunan suatu negara. Meskipun tingkat pendidikan masyarakat Indonesia semakin membaik setiap tahunnya, kesenjangan pendidikan masih menjadi masalah utama. Aplikasi belajar online dengan karakteristiknya sebagai produk dari pembelajaran seluler dapat digunakan sebagai pendekatan untuk meningkatkan pemerataan layanan pendidikan berkualitas di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang signifikan mempengaruhi niat pelajar dalam menggunakan aplikasi belajar online dan hubungan faktor-faktor tersebut dalam mempengaruhi niat pelajar untuk menggunakan aplikasi belajar online. Penelitian ini menggunakan faktor-faktor diadaptasi dari Unified Theory of Acceptance and Use of Technology 2 (UTAUT 2) dengan penambahan faktor kepercayaan (trust). Instrumen penelitian disebarkan secara online dengan 195 responden. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Structural Equation Modeling Partial Least Square (SEM-PLS) dengan menggunakan software SmartPLS 3.0. Hasil dari penelitian ini secara keseluruhan menunjukkan bahwa terdapat tiga faktor yang signifikan mempengaruhi niat pelajar dalam aplikasi belajar online yaitu ekspektasi usaha, motivasi hedonis dan kebiasaan. Selain mempengaruhi niat penggunaan, kebiasaan juga berpengaruh signifikan terhadap perilaku penggunaanan aplikasi belajar online. Disamping itu, pengaruh sosial secara signifikan mempegaruhi niat pelajar perempuan dalam menggunakan aplikasi belajar online.
Education is an important aspect in the development of a country. Although there is an increase in Indonesia's education level, the education gap is still a major problem. Mobile learning applications with their characteristics as the product of mobile learning can be used as an approach to improve the equality in education services in Indonesia. This study aims to identify the factors that significantly influence students' intention to use mobile learning applications and the relationship between these factors in influencing students' intentions to use mobile learning applications. This study uses factors adapted from the Unified Theory of Acceptance and Use of Technology 2 (UTAUT 2) with the addition of a trust factor. The research instruments were distributed online with 195 respondents. The method used in this research is Structural Equation Modeling Partial Least Square (SEM-PLS) using SmartPLS 3.0 software. The results of this study, that there are three factors that significantly influence student intentions of using mobile learning applications: effort expectations, hedonic motivations, and habits. In addition to influencing behavioral intentions, habits also have a significant effect on use behavior of mobile learning applications. Furthermore, social influence significantly influences female students' intention to use mobile learning applications.
Kata Kunci : pembelajaran seluler, aplikasi belajar online, UTAUT, kepercayaan, Structural Equation Modeling Partial Least Square