Motivasi Mahasiswa Perantauan Terhadap Makanan Lokal Khas Banyumas Soto Sokaraja
ALYAA MUKTA P, Karlina Maizida, M.A
2021 | Skripsi | S1 PARIWISATAKurangnya wisatawan mancanegara yang datang ke Kabupaten Banyumas menandakan perlunya promosi pada jenis wisata yang baru selain wisata alam. Produk lokal yaitu makanan dapat memunculkan peluang baru dalam industri kepariwisataan khususnya wisata kuliner di Kabupaten Banyumas. Peran serta generasi muda dengan berbagai latar belakang yang dimiliki untuk dapat menjadi agen promotor makanan lokal mendukung diadakannya penelitian yang berjudul Motivasi Mahasiswa Perantauan Terhadap Makanan Lokal Khas Kabupaten Banyumas Soto Sokaraja. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan faktor dominan pada motivasi mahasiswa perantauan terhadap makanan lokal khas Banyumas Soto Sokaraja. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode pengumpulan data dengan angket. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survey dan menggunakan kuesioner sebagai alat pengambilan data, adapun sumber data yang digunakan ialah data-data primer langsung dari responden dan studi pustaka, landasan teori menggunakan teori motivasi oleh Kim dan Eves (2012) yaitu pengalaman budaya, kesenangan, daya tarik sensorik, hubungan interpersonal, masalah kesehatan, dan paparan media. Hasil analisis data ditemukan bahwa faktor motivasi terhadap makanan lokal khas Kabupaten Banyumas Soto Sokaraja ialah faktor kesenangan menjadi faktor dengan tingkat persetujuan yang tertinggi dan faktor paparan media menjadi tingkat persetujuan yang paling rendah.
The lack of foreign tourists coming to Banyumas Regency indicates the need for the promotion of new types of tourism besides nature tourism. Local products such as food, can create new opportunities in the tourism industry, especially culinary tourism in Banyumas Regency. The participation of the young generation with various backgrounds to be able to become local food promoter agents supports this research titled "Motivation of Overseas Students towards Special Local Food in Banyumas Regency Soto Sokaraja". This studies has the purpose to find the dominant factor of motivation in student outside Banyumas towards Soto Sokarja. The type of this research is quantitative research using a questionnaire data for collection method. This research is a quantitative research with survey methods and uses a questionnaire as a data collection tools, while the data sources used are primary data directly from respondents and literature studies, the theoretical use motivation theory by Kim and Eves (2012) namely cultural experience, excitements, sensory appeal, interpersonal relationships, health concern and media exposure. The results of data analysis found that the biggest levels of agreement of motivational factor for local food typical of Banyumas Soto Sokaraja Regency is excitements. For the lowest level of agreements is media exposure factors.
Kata Kunci : Wisata Kuliner, Makanan Lokal, Motivasi, Mahasiswa Perantauan, Culinary Tourism, Special Local Food