PERAN EXPERIENTIAL MARKETING TERHADAP REPURCHASE INTENTION PADA KONSUMEN STARBUCKS COFFEE DI YOGYAKARTA
KAMILA TASHABRINA MH, Raden Roro Fosa Sarassina, M.B.A., Ph.D.
2021 | Tugas Akhir | D3 MANAJEMENStarbucks Coffee merupakan brand kopi ternama di seluruh dunia dan juga berada di Indonesia. Kesuksesan perusahaan ini terletak pada kemampuan perusahaan dalam menciptakan pengalaman yang unik dan menanamkan loyalitas bagi setiap orang yang berkunjung, serta tidak melupakan pengembangan bisnis perusahaan dan tentunya profit. Penelitian ini akan fokus pada ketujuh gerai Starbucks di Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh experiental marketing yang terdiri dari lima dimensi yaitu sense, feel, think, act, dan relate terhadap minat membeli kembali konsumen Starbucks Coffee Yogyakarta dengan menggunakan teknik analisis regresi linier berganda dengan alat SPSS. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebar kuesioner online terhadap 100 responden. Hasil olah data menunjukkan bahwa dari lima dimensi ada tiga yang memiliki pengaruh signifikan terhadap repurchase intention sedangkan secara simultan kelima dimensi memiliki pengaruh signifikan karena nilai F hitung menunjukkan hasil 42,101 lebih besar dari F tabel yaitu 2.30.
Starbucks Coffee is a well-known coffee brand throughout the world and is also located in Indonesia. The success of this company lies in the company's ability to create unique experiences and instill loyalty for everyone who visits, and not to forget the company's business development and of course profit. This research will focus on the seven Starbucks outlets in Yogyakarta. This study aims to determine how much influence experiental marketing which consists of five dimensions, namely sense, feel, think, act, and relate to the consumer repurchase intention of Starbucks Coffee Yogyakarta by using multiple linear regression analysis technique with SPSS tool. Data was collected by distributing online questionnaires to 100 respondents. The results of data processing show that of the five dimensions, there are three that has a significant influence on repurchase intention, while simultaneously the five dimensions have a significant influence because the calculated F value shows the result of 42.101 which is greater than the F table, which is 2.30.
Kata Kunci : Experiental Marketing, Sense, Feel, Think, Act, Relate, Repurchase Intention