Preferensi Konsumen terhadap Jeruk Lokal dan Impor di Medan
MAHADIKA NISSA S, Ir. Any Suryantini, M.M., Ph.D. ; Dr. Jangkung Handoyo Mulyo, M.Ec ; Fatkhiyah Rohmah, S.P., M.Sc
2021 | Skripsi | S1 EKONOMI PERTANIAN DAN AGRIBISNISKeberadaan jeruk lokal dan impor di Medan memungkinkan konsumen untuk memiliki lebih dari satu pilihan dalam memutuskan pembelian. Jeruk lokal dan jeruk impor memiliki keunikan masing-masing yang dapat menimbulkan persepsi dan preferensi yang berbeda pada konsumen, sehingga penting untuk dilakukan penelitian mengenai perilaku konsumen terhadap buah jeruk. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan preferensi konsumen terhadap jeruk lokal dan impor di Medan. 2) Mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi preferensi konsumen berdasarkan persepsi terhadap atribut jeruk lokal dan impor di Medan. Pada penelitian ini, 100 konsumen sebagai responden berpartisipasi melalui kuesioner dalam jaringan. Data yang dianalisis dengan analisis deskriptif, model multi-atribut Fishbein, dan analisis regresi berganda. Hasil menunjukkan bahwa 1) Atribut unggulan pilihan konsumen pada jeruk lokal yaitu rasa dan kandungan air, sedangkan pada jeruk impor yaitu atribut rasa dan warna kulit. Atribut rasa yang manis, aroma buah yang segar, kulit berwarna kuning, ukuran buah yang besar, kandungan air yang banyak, dan harga yang tidak terlalu mahal menjadi preferensi konsumen terhadap jeruk lokal. Sedangkan jeruk impor yang menjadi preferensi konsumen adalah jeruk yang memiliki rasa manis, aroma buah yang segar, kulit berwarna oranye, ukuran buah yang besar, kandungan air yang banyak, dan harga yang tidak terlalu mahal menjadi preferensi konsumen. 2) Umur dan pendapatan secara positif mempengaruhi preferensi konsumen berdasarkan nilai persepsi terhadap atribut jeruk lokal. sementara pendapatan dan kapasitas pembelian menjadi faktor yang mempengaruhi preferensi konsumen secara positif berdasarkan nilai persepsi terhadap atribut jeruk impor.
The existence of local and imported orange in Medan allows consumers to have more than one option in purchasing decisions. Local and imported orange have their own attribute's uniqueness that will conduct different perceptions and preferences of consumers, make it important to study about consumers' behavior towards orange. This study aims to: 1) Describe consumers' preference for local and imported orange in Medan. 2) Determine the factors that influence consumers' preferences based on perception of the attributes of local oranges and imported oranges in Medan. In this study, a total of 100 consumers as respondents participated using online questionnaire. The data was analyzed with descriptive analysis, multi-attribute Fishbein model, and multiple linear regression analysis. Results found that: 1) Taste and juiciness were the most preferred attributes by consumers for local orange, whilst taste and peel color were the most chosen attributes for imported oranges. Consumers' preferences for local orange are the orange with sweet taste, fresh scent, yellow peel, big size, high juiciness, and medium price. Regarding imported orange, consumers preferred orange with sweet taste, fresh scent, orange peel, big size, high juiciness, and medium price. 2) Age and income of consumers positively affected their preferences based on their perception value of local orange's attributes. While consumers' income and purchasing capacity were the factors that positively influenced their preferences based on the perception value for imported oranges.
Kata Kunci : atribut, jeruk, perilaku konsumen, persepsi, preferensi / attribute, consumer behavior, orange, perception, preference.