PENGEMBANGAN PRODUK SINGLE BLACK GARLIC MENJADI SELAI DENGAN ANALISIS SWOT DAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT
LUARI GIRI PRAMELINI, MOH. AFFAN FAJAR FALAH, S.T.P., M.Agr., PhD.; ANJAR RUSPITA SARI, S.T.P., M.Sc.; SATRIA BHIRAWA ANORAGA, S.T.P., M.Sc.
2021 | Tugas Akhir | D3 AGROINDUSTRIPengembangan produk single black garlic menjadi selai dilakukan oleh peneliti dengan menambahkan madu dan jahe. Analisis SWOT dilakukan untuk mengukur kekuatan dan kelemahan yang menjadi faktor internal suatu usaha serta mengukur peluang dan ancaman yang menjadi faktor yang berasal dari luar perusahaan. Metode QFD dengan matrik House of Quality dapat digunakan untuk mengidentifikasi kebutuhan konsumen dan menentukan langkah yang harus dilakukan oleh industri untuk mengembangkan produknya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui keinginan dan kebutuhan konsumen terhadap pengembangan selai single black garlic serta mengetahui atribut mutu pengembangan produk selai single black garlic. Penyebaran kuesioner ditujukan kepada 120 responden yang pernah mengkonsumsi black garlic. Uji validitas hasil penilaian responden menunjukkan hasil yang valid karena nilai r hitung lebih besar dari nilai r tabel (0,1793) pada TKP dan TKK. Uji reliabilitas menunjukkan hasil yang reliabel karena dari 8 butir soal pada TKP dan TKK nilai r hitung lebih besar dari nilai r tabel (0,7067) yaitu 0,896 dan 0,866. Atribut mutu yang diteliti meliputi aroma, warna, tekstur, rasa, jenis kemasan, desain kemasan, informasi produk, dan harga produk. Atribut yang paling penting untuk dilakukan pengembangan produk yaitu atribut aroma karena memiliki nilai NSKK 16,507%. Berdasarkan penelitian ini, konsumen menginginkan produk selai black garlic dengan warna black jam, memiliki tekstur yang kental, aroma black garlic yang tidak terlalu menyengat, rasa black garlic yang dominan, menggunakan kemasan yang ramah lingkungan dan memiliki desain kemasan yang cukup memenuhi persyaratan pengemasan. Rancangan kebutuhan teknis yang dapat dilakukan untuk mengembangkan atribut aroma adalah menambahkan madu dan jahe. Produk selai single black garlic dikemas menggunakan jar kaca dengan label yang menutup permukaan jar.
The development of single black garlic products into jam was carried out by researchers by adding honey and ginger. SWOT analysis is carried out to measure the strengths and weaknesses that are the internal factors of a business and to measure the opportunities and threats that are factors that come from outside the company. The QFD method with the House of Quality matrix can be used to identify consumer needs and determine the steps that must be taken by the industry to develop its products. This research was conducted to determine consumer wants and needs for the development of single black garlic jam and to determine the quality attributes of single black garlic jam product development. The questionnaire was distributed to 120 respondents who had ever consumed black garlic. The validity test of the respondents' assessment results showed valid results because the calculated r value was greater than the r table value (0.1793) at the TKP and TKK. The reliability test showed reliable results because of the 8 items at the TKP and TKK, the calculated r value was greater than the r table value (0.7067), namely 0.896 and 0.866. The quality attributes studied include aroma, color, texture, taste, type of packaging, packaging design, product information, and product price. The most important attribute for product development is the aroma attribute because it has an NSKK value of 16.507%. Based on this research, consumers want black garlic jam products with black jam color, have a thick texture, a black garlic aroma that is not too strong, a dominant black garlic taste, use environmentally friendly packaging and have a packaging design that meets the packaging requirements The design of technical requirements that can be done to develop aroma attributes is to add honey and ginger. Single black garlic jam products are packaged using a glass jar with a label that covers the surface of the jar.
Kata Kunci : Analisis SWOT, Black garlic, Selai, Metode QFD