Analisis Metode Pembelajaran Bahasa Korea pada Akun TikTok Borassaem
YUMNA FARAHNADA ALYA, Yuni Wachid Asrori, S.S., M.A.
2021 | Tugas Akhir | D3 BAHASA KOREATugas Akhir ini berjudul ���¢�¯�¿�½�¯�¿�½Analisis Metode Pembelajaran Bahasa Korea pada Akun TikTok Borassaem���¢�¯�¿�½�¯�¿�½. Metode pembelajaran adalah cara atau jalan yang disusun dengan konsep tertentu untuk mendukung proses pengolahan informasi atau pengetahuan peserta didik sehingga mencapai tujuan pembelajaran dengan efektif. TikTok merupakan platform media sosial di bawah perusahaan asal Tiongkok, ByteDance yang saat ini sedang populer. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode dan teknik pembelajaran bahasa Korea yang digunakan Borassaem dalam konten bahasa Korea di TikTok sehingga dapat ditemukan metode dan teknik yang tepat untuk menarik minat belajar bahasa Korea pengguna media sosial terutama pada TikTok. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif. Setelah menemukan teori tentang metode pembelajaran bahasa asing melalui studi pustaka, data dikumpulkan dengan cara melakukan observasi langsung pada akun TikTok Borassaem dengan memilah dan mengambil tangkapan layar dari konten bahasa Korea. Setelah itu, metode belajar ditentukan dengan melihat kesembilan pembagian metode pembelajaran bahasa asing yaitu Metode Ceramah, Metode Demonstrasi, Metode Simulasi, Metode Terjemahan Tata Bahasa, Metode Langsung, dan Metode Audiolingual dan Audiovisual, Metode Respon Fisik Total, Metode Sugestopedia, dan Metode Silent Way. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa metode yang diterapkan dalam video konten Borassaem lebih didominasi metode yang mengutamakan praktik berbicara Bahasa Korea. Metode tersebut terdiri dari Metode Demonstrasi, Metode Simulasi, Metode Langsung dan Metode Audiolingual dan Audiovisual. Teknik pembelajaran Bahasa Korea yang dapat menarik minat belajar Bahasa Korea di media sosial adalah Teknik Berbicara karena penonton cenderung lebih menyukai konten yang melibatkan diri mereka dalam praktik berbicara Bahasa Korea.
The title of this thesis is "Analysis of Korean Language Learning Methods Used in Borassaem TikTok Account". Learning methods are ways or paths that are arranged with certain concepts to support the process of processing information or knowledge of students so as to achieve learning objectives properly and effectively. TikTok is a social media platform under the Chinese company, ByteDance which is currently popular because it has interesting features to create various kinds of creative and interactive video content. This study aims to determine the Korean language learning methods and techniques used by Borassaem in Korean content on TikTok so that appropriate methods and techniques can be found to attract interest in learning Korean by social media users, especially on TikTok. This research was conducted using qualitative methods. After finding theories about foreign language learning methods through literature study, data were collected by direct observation on Borassaem's TikTok account by sorting content and taking screenshots of Korean language content to be analyzed. After that, the learning method was determined by looking at the nine divisions of foreign language learning methods, namely the Lecture Method, Demonstration Method, Simulation Method, Grammar Translation Method, Direct Method, and Audiolingual and Audiovisual Methods, Total Physical Response Methods, Suggestopedia Methods, and Silent Way Methods. The results of this study indicate that the method applied in Borassaem's video content is dominated by methods that prioritize Korean speaking practice. The methods consist of the Demonstration Method, Simulation Method, Direct Method and Audiolingual and Audiovisual Methods. Then the Korean language learning technique that can attract interest in learning Korean on social media, especially TikTok, is the Speaking Technique because viewers tend to prefer content that involves themselves in practicing Korean speaking.
Kata Kunci : Metode pembelajaran, Teknik pembelajaran, Bahasa Korea, TikTok, Minat belajar