KANCHA LILIN AROMATERAPI SEBAGAI ALTERNATIF OLEH-OLEH YOGYAKARTA
MAWAR LESTARI, Muhamad Sidiq Wicaksono, S.E., M.Sc.
2021 | Tugas Akhir | D4 Bisnis Perjalanan WisataPerkembangan industri pariwisata di Yogyakarta yang terus meningkat setiap tahunnya, hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan pada industri kreatif di Yogyakarta. Munculnya beragam industri kreatif dalam bidang kuliner dan kerajinan ini menjadi salah satu pendukung sekaligus bukti berkembangnya industri pariwisata di Yogyakarta. Oleh-oleh yang semakin beragam menunjukkan semakin berkembangnya industri kreatif yang ada di Yogyakarta. Proyek akhir ini mengangkat tentang proses pembangunan usaha industri kreatif lilin aromaterapi untuk ikut bersaing di pasar oleh-oleh Yogyakarta. Pembuatan proyek akhir ini dilakukan seiring dengan berkembangnya industri wisata wellness yang ada di Yogyakarta dan menjadi salah satu peluang untuk produk lilin aromaterapi untuk ikut bersaing di industri kreatif ini. Hasil dari proyek akhir ini adalah kemampuan dan kesiapan produk dari Kancha Lilin Aromaterapi untuk bersaing dalam pasar oleh-oleh Yogyakarta yang terus berkembang dengan memperhatikan perkembangan pasar dan pesaing serta minat calon pembeli terhadap produk yang ditawarkan. Melalui proyek akhir ini dihasilkan bahwa produk mampu bersaing dengan baik di pasar oleh-oleh Yogyakarta dan membutuhkan perbaikan pada beberapa bagian agar mampu bertahan di pasaran.
The development of the tourism industry in Yogyakarta continues to increase each year, it shows by the increase of the creative industry in Yogyakarta. The emergence of various creative industries in the culinary and craft fields is one of the supporters as well as evidence of the development of the tourism industry in Yogyakarta. The increasing number of various souvenirs shows the development of the creative industry in Yogyakarta. This final project discusses the business process of the creative industry of scented candles to compete in the Yogyakarta�s souvenir market. This final project was carried out in line with the development of the health tourism industry in Yogyakarta and became one of the opportunities for scented candles products to compete in this industry. The result of this final project is the ability and readiness of Kancha Scented Candles products to compete in the Yogyakarta gift market which continues to grow by taking into account market developments and competitors as well as the interest of potential buyers for the products offered. Through this final project, it is concluded that the product is able to compete well in the souvenir market in Yogyakarta and requires improvement in several parts in order to survive in the market
Kata Kunci : industri kreatif, oleh-oleh, wisata wellness, lilin aromaterapi, creative industry, souvenirs, wellness tourism, scented candles