EKSPANSI INTERNASIONAL DAN KAPITALISASI PASAR BANK-BANK ASEAN
HANIF MANUJENDRO, Bowo Setiyono, S.E., M.Com., Ph.D.
2021 | Tesis | MAGISTER MANAJEMEN (KAMPUS JAKARTA)Ekspansi internasional bank-bank global menunjukan tren penurunan dalam satu dekade terakhir, sedangkan bank-bank dari Asia Tenggara (ASEAN) menunjukan peningkatan dan lebih terkonsentrasi secara regional. Bank-bank ASEAN melakukan ekspansi internasional dalam bentuk pembukaan kantor cabang dan / atau anak perusahaan luar negeri. Tujuan dari ekspansi tersebut adalah untuk mengoptimalkan bisnis dan meningkatkan nilai perusahaan, melalui strategi diversifikasi internasional dan efisiensi. Kapitalisasi pasar merupakan salah satu indikator yang menunjukan kinerja dan nilai sebuah perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh strategi ekspansi internasional dan intra-regional terhadap kapitalisasi pasar bank-bank ASEAN. Penelitian ini akan membahas teori-teori klasik seperti Markowitz's Modern Portofolio Theory, Porter's Diamond Model & Hofstede's Dynamic of National Culture, yang akan dikombinasikan dengan konsep-konsep modern, antara lain diversifikasi internasional, Global Financial Centres (GFC), & Home-Country Bias. Metode pengumpulan sampel yang akan digunakan adalah purposive sampling. Sedangkan hipotesis dan model penelitian akan diuji dan dianalisa melalui metode data panel regression. Hasil penelitian menujukan bahwa strategi ekspansi internasional bank-bank ASEAN berpengaruh negatif terhadap kapitalisasi pasarnya, sedangkan strategi ekspansi inter-regional berpengaruh positif terhadap kapitalisasi pasarnya. Hasil penelitian itu juga akan divalidasi oleh studi kasus pada Bank ZYX. Salah satu penyebab tidak berjalannya strategi diversifikasi internasional adalah fenomena home bias yang terjadi di kantor cabang dan / atau anak perusahaan luar negeri. Sektor perbankan ASEAN cenderung memiliki konsentrai pasar & indikator profitabilitas yang tinggi, yang menarik sebagai tujuan ekspansi internasional. Faktor budaya nasional antara home dan host country juga menjadi penenentu kesuksesan ekspansi internasional. Keterbatasan dari penelitian ini adalah hanya menggunakan laporan keuangan dari kantor luar negeri yang berstatus anak perusahaan, yang tidak mencakup data laporan keuangan dari kantor luar negeri yang berstatus kantor cabang.
The international expansion of global banks has shown a declining trend in the last decade. Meanwhile, banks from Southeast Asia (ASEAN), increase their international expansion and were more concentrated regionally. ASEAN banks are expanding internationally in the form of opening overseas branches and / or subsidiaries. The aim of the expansion is to optimize business and increase its value, through a strategy of international diversification and efficiency. Market capitalization is an indicator that shows the performance and value of a company. This study aims to analyse the impact of international and intra-regional expansion strategies on the market capitalization of ASEAN banks. This study will discuss classical theories such as Markowitz's Modern Portfolio Theory, Porter's Diamond Model & Hofstede's National Cultural Dynamics, which will be combined with modern concepts, including international diversification, Global Financial Centres (GFC), & Home-Country Bias. Sampling method that will be used is purposive sampling. Meanwhile, the hypothesis and research model will be tested and analysed through data panel regression. The study results show that the international expansion strategy of ASEAN banks is negatively correlated with market capitalization. Meanwhile, the inter-regional expansion strategy has a positive effect on its market capitalization. The research results will also be validated by a case study at Bank ZYX Bank. One of the reasons why international diversification strategy failed to give positive impact on the market capitalization of ASEAN banks, is the home bias phenomenon that happens in overseas branches and / or subsidiary abroad. ASEAN banking sector tends to have high market concentration & profitability indicators, which become attractive target for international expansion. The difference of national culture between home and host country is also a factor, which determine the success of international expansion. The limitation of this study is that only uses financial report from bank's subsidiaries abroad, which do not cover the financial report data from bank's overseas branches.
Kata Kunci : Perbankan Internasional, Kapitalisasi Pasar, Home Bias, International Banking, Market Capitalization