STRATEGI PENGEMBANGAN OBJEK WISATA UNIK NGENJUNGAK DI KANTOR DINAS KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA KABUPATEN BELITUNG TIMUR
EKY PRATIWI, Prof. Drs. Heddy Shri Ahimsa Putra, M.A., M.Phil., Ph.D ; Dr. Muhamad., S.T., M.T.
2021 | Tesis | Magister Kajian PariwisataSetiap daerah pasti mempunyai objek wisata dengan keunikan serta potensi yang berbeda-beda. Kabupaten Belitung Timur merupakan salah satu Kabupaten yang berada di Provinsi Bangka Belitung yang sedang giat mengembangkan sektor industri pariwisata daerahnya. Salah satu objek wisata yang ada di Kabupaten Belitung Timur adalah Objek Wisata Unik Ngenjungak (OWUN). Keunikan dari OWUN ini adalah letak objek wisata yang berada di dalam kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Belitung Timur. Namun sampai saat ini OWUN masih belum terlalu banyak dikenal oleh wisatawan dikarenakan promosi yang belum maksimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apa yang membuat Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Belitung menjadikan kantor sekaligus sebagai objek wisata, serta merumuskan alternatif strategi yang akan digunakan untuk mengembangkan OWUN. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan SWOT. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan penyajian hasil analisis dalam bentuk naratif dan tabel. Berdasarkan hasil identifikasi dan analisis faktor strategis (internal serta eksternal) posisi koordinat berada pada kuadran II. Strategi yang dapat digunakan adalah dengan memanfaatkan dan memaksimalkan kekuatan untuk mengatasi ancaman. Berdasarkan kondisi tersebut maka strategi yang dapat diterapkan adalah (a)Memanfaatkan dukungan pemerintah untuk lebih mempromosikan OWUN, (b) Menambahkan atau merubah spot wisata yang unik dengan beragam kekayaan Belitung yang lebih menarik minat wisatawan, (c) Menambah jangkauan jaringan kerjasama dengan berbagai pihak untuk menunjang kegiatan dan pengembangan OWUN.
Each Region must have a tourist attraction with the uniqueness and different potential. East Belitung Regency is one of the regencies in Bangka Belitung Province which is developing its regional tourism industry. OWUN is one of the tourist object in east belitung regency which is unique because it is located in the cultural and tourism office. However, until now, OWUN is still not widely known by tourists because of the lack of promotion. The purpose of this research is to find out what makes Department of Culture and Tourist make the office as a tourist place and for formulate alternative strategies that can be used to develop of OWUN. The data analysis used was descriptive qualitative analysis and SWOT. Data collection techniques using observation, interviews, and documentation by presenting the results of the analysis in narrative form and tables. Based on the identification and analysis of strategic factors, the coordinate posistion is in quadrant II. The strategies that can be used are to utilize and maximize the strength to overcome the threats. Based on these conditions, the strategies that can be implemented are : (1) utilizing Government support to further promote the OWUN, (2) Adding or changing unique tourist spots with a variety of Belitung�s riches that are more attractive for tourist, (3) increasing the reach of the network of cooperation with various parties to support OWUN�s activities and development.
Kata Kunci : Objek wisata, peran pemerintah, strategi pengembangan pariwisata