Jargon Make-Up Berbahasa Inggris dalam Video Tutorial Make-up Di YouTube
YENNY NOOR HENDRIANI, Dr. Tri Mastoyo Jati Kesuma, M.Hum.
2021 | Tesis | MAGISTER LINGUISTIKPenelitian ini membahas tentang jargon yang terdapat pada bidang make-up dalam video tutorial make-up di YouTube. Penelitian mengenai jargon dalam bidang make-up,di latar belakangi banyaknya para beauty vlogger yang menggunakan jargon berbahasa Inggris dibanding dengan bahasa Indonesia. Adapun tujuan dari penelitian ini, yaitu mendeskripsikan bentuk jargon, makna jargon, dan faktor penggunaan jargon. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan metode simak dan catat. Sumber data pada penelitian ini, yaitu tuturan para beauty vlogger dalam video tutorial make-up yang mengandung jargon. Video tutorial make-up yang dipilih diunggah pada tahun 2017-2020. Selanjutnya, penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data yang terkumpul dianilisis menggunakan teori kebahasaan yang relevan. Hasil analisis disajikan dengan kata-kata dan tabel. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat 160 kosakata berbahasa Inggris yang terdapat pada video tutorial make-up di YouTube. Kosakata tersebut sebagian besar berbentuk kata. Selain itu, terdapat jargon yang mengalami proses morfologis seperti afiksasi, singkatan, pemendekan kata, reduplikasi, dan pemajemukan. Adapun makna jargon yang mengalami perubahan makna ataupun makna tetap, dan makna yang tidak ada dalam kamus. Selanjutnya, perubahan makna diklasifikasikan dalam beberapa kategori, yaitu perluasan makna, penyempitan makna, dan ameliorasi. Ada beberapa faktor penggunaan jargon make-up berbahasa Inggris, yaitu faktor prestise, kebutuhan akan padanan yang sesuai, lebih ringkas dan mudah dipahami, padanan kata dalam bahasa Indonesia yang kurang dimengerti, dan industri kecantikan.
This research discusses the jargon contained in the field of make-up found in the make-up tutorial videos on YouTube. Research on jargon in make-up is motivated by the many beauty vloggers who use English jargon compared to Indonesian. This study aims to describe the form of jargon, the meaning of jargon, and the factors of jargon use. The data in this study were obtained by observing and taking notes. Sources of data in this study are the stories of beauty vloggers in make-up tutorial videos that contain jargon. Selected make-up tutorial videos uploaded 2017-2020. Furthermore, the writer used a qualitative descriptive method. The collected data were analyzed using relevant language theory. The results of the analysis are presented in words and tables. This study indicates that there are 160 English vocabulary words contained in the make-up tutorial videos on YouTube. Most of the vocabulary is in the form of words. Besides, some jargons undergo morphological processes such as affixation, abbreviations, word shortening, reduplication, and compounding. The meaning of jargon has changed in meaning or fixed meaning, and the meaning is not written in the dictionary. Furthermore, meaning changes are classified into several categories, namely broadening, narrowing, and amelioration. There are several factors in using the jargon of make-up in English, namely the factor of prestige, the need for an appropriate equivalent, which is more concise and easier to understand, the equivalent of words in Indonesian that are less understood, and the beauty industry.
Kata Kunci : beauty vlogger, jargon, make-up, video tutorial, youtube