FAKTOR - FAKTOR YANG MEMENGARUHI KINERJA UMKM DI YOGYAKARTA PADA MASA PANDEMI VIRUS CORONA
RIDHO PUTRA PERDANA, Wuri Handayani, S.E., Ak., M.Si., M.A., Ph.D.
2021 | Tesis | MAGISTER AKUNTANSITujuan --- Penelitian ini memiliki lima tujuan, yaitu menguji pengaruh sumber daya manusia terhadap kinerja UMKM, menguji pengaruh pemasaran terhadap kinerja UMKM, menguji pengaruh inovasi produk terhadap kinerja UMKM, menguji pengaruh kebijakan pemerintah terhadap kinerja UMKM, menguji pengaruh penggunaan teknologi terhadap kinerja UMKM. Desain/Metodologi/Pendekatan --- Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan melibatkan sampel berjumlah 184 (seratus delapan puluh empat) responden. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan google form, dan setelah data terkumpul kemudian dianalisis menggunakan regresi berganda. Temuan --- Hasil analisis menunjukkan bahwa aspek SDM, pemasaran, inovasi produk dan kebijakan pemerintah secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja UMKM di Yogyakarta, sedangkan aspek penggunaan teknologi diketahui berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja UMKM di Yogyakarta. Hasil uji F menemukan bahwa faktor pengaruh kinerja UMKM meliputi SDM, pemasaran, inovasi produk, kebijakan pemerintah dan teknologi secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja UMKM di Yogyakarta. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa untuk meningkatkan kinerja usahanya, pelaku UMKM harus mampu mengikuti serta memanfaatkan penggunaan teknologi seoptimal mungkin. Batasan/Implikasi --- Penelitian ini bersifat pasif karena peneliti tidak terlibat langsung sebagai pelaku UMKM yang kegiatan usahanya berdampak Covid-19. Hasil penelitian memberikan implikasi pada kontribusi praktis dan kebijakan terkait dengan peningkatan kinerja UMKM. Originalitas/Nilai --- UMKM adalah garda depan perekonomian yang memiliki pengaruh sangat besar terhadap kondisi perekonomian suatu negara. Dewasa ini, kinerja UMKM mengalami penurunan karena adanya pandemi Covid-19 yang mengakibatkan pelaku usaha harus menghentikan bisnisnya. Penelitian ini berfokus untuk memperluas penelitian terdahulu tentang faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja UMKM, namun pada konteks yang berbeda, yaitu pada masa pandemi virus corona.
Objectives --- This study has five objectives, namely testing the effect of human resources on the performance of SMEs, testing the effect of marketing on SMEs performance, testing the effect of product innovation on SMEs performance, examining the effect of government policies on SMEs performance, examining the effect of technology use on SMEs performance. Design/Methodology/Approach --- The study used a quantitative approach by involving a sample of 184 (one hundred eighty four) respondents. The data collection technique was done using google form, and the data was collected then analyzed using multiple regression. Findings --- The results of the analysis show that the aspects of human resources, marketing, product innovation and government policies partially do not have a significant effect on the performance of SMEs in Yogyakarta, while aspects of technology use are known to have a positive and significant effect on the performance of SMEs in Yogyakarta. The results of the F test found that the factors that influence the performance of SMEs include human resources, marketing, product innovation, government policies and technology simultaneously have a positive and significant effect on the performance of SMEs in Yogyakarta. Thus it can be concluded that in order to improve their business performance, SME players must be able to follow and take advantage of the optimal use of technology. Limitations/Implications --- This study is passive because researchers are not directly involved as SME actors whose business activities are affected by Covid-19. The results of the study have implications for practical and policy contributions related to improving the performance of SMEs. Originality/Value --- SMEs are the vanguard of the economy which has a huge influence on the economic conditions of a country. Today, the performance of SMEs has decreased due to the Covid-19 pandemic which has resulted in business actors having to stop their business. This study focuses on expanding previous research on the factors that affect the performance of SMEs, but in a different context, namely during the corona virus pandemic.
Kata Kunci : UMKM, Sumber Daya Manusia, Pemasaran, Inovasi Produk, Kebijakan Pemerintah, Teknologi, Kinerja.