Laporkan Masalah

ANALISA FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI NIAT BELI GENERASI MILENIAL TERHADAP HUNIAN APARTEMEN DI JABODETABEK

AZHARYA H, Bayu Aji Aritejo, S.E., MM., M.Si., Ph.D

2021 | Tesis | MAGISTER MANAJEMEN (KAMPUS JAKARTA)

Penelitian Ini bertujuan untuk menganalisa faktor-faktor yang mempengaruhi niat membeli apartemen di Jabodetabek. Subjek pada penelitian ini adalah generasi milenial yang bekerja dan berdomisili di Jabodetabek. Faktor-faktor yang diteliti antara lain reputasi pengembang apartemen, kewajaran harga apartemen, aksesibilitas apartemen, sikap terhadap pembelian apartemen, norma subjektif, dan persepsi kontrol perilaku. Jumlah responden yang digunakan adalah 366 orang, data penelitian diambil melalui survei secara daring dengan menggunakan google form yang disebar melalui media sosial dan alat telekomunikasi lainnya. Adapun pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan analisis Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) dengan aplikasi SMARTPLS Versi 3. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kewajaran harga apartemen dan aksesibilitas apartemen berpengaruh positif pada sikap terhadap pembelian apartemen. Selanjutnya reputasi pengembang apartemen, aksesibilitas apartemen, sikap terhadap pembelian apartemen dan norma subjektif berpengaruh pada niat membeli apartemen oleh generasi milenial.

This research aims to analyze the factors that affect the purchase intention an apartment in Jabodetabek. The subjects in this study were millennials who work and live in Jabodetabek. Factors studied include the reputation of apartment developers, fairness of apartment prices, accessibility of apartments, attitudes towards apartment purchases, subjective norms, and perceptions of behavioral control. The number of respondents used was 366 people, research data was taken through online surveys using google form spread through social media and other telecommunications tools. The hypothesis testing in this study uses Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) analysis with SMART PLS Version 3 application. The results of this study show that the fairness of apartment prices and accessibility of apartments has an effect on attitudes towards apartment purchases. Furthermore, the reputation of apartment developers, the accessibility of apartments, attitudes towards the purchase of apartments and subjective norms have an effect on millenial�s intention to buy an apartment.

Kata Kunci : Niat Beli, Niat Membeli, Apartemen, Jabodetabek, Hunian, Rumah, Milenial, Memengaruhi, Properti, Residential, Hunian Vertikal, Rusunami, Rusunawa, Generasi Y, Generasi Milienial

  1. S2-2021-436913-abstract.pdf  
  2. S2-2021-436913-bibliography.pdf  
  3. S2-2021-436913-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2021-436913-title.pdf