Pelindungan Terhadap Performing Right Pencipta atas Lagu dalam Bisnis Pertunjukan dan Media YouTube oleh Lembaga Manajemen Kolektif
ANANDA GULTOM, Dina W. Kariodimedjo S.H., LLM., Ph. D
2021 | Tesis | MAGISTER HUKUM BISNIS DAN KENEGARAANPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis tentang bentuk-bentuk pelanggaran yang terjadi di bisnis pertunjukan dan media YouTube terkait dengan performing right. Tujuan lainnya adalah untuk mengkaji upaya yang dilakukan oleh LMK dalam melindungi hak ekonomi berupa performing right pencipta atas lagu yang digunakan dalam bisnis pertunjukan musik dan media YouTube. Penelitian ini merupakan penelitian yuridis empiris adalah penelitian hukum mengenai pemberlakuan atau implementasi ketentuan hukum secara normatif in action pada setiap peristiwa hukum tertentu yang terjadi di masyarakat. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan yaitu penelitian yang menggunakan data primer. Data primer diperoleh dengan cara melakukan wawancara sesuai pedoman wawancara. Data yang diperoleh kemudian akan dianalisis secara kualitatif, dan disajikan secara deskriptif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah, pertama bentuk pelanggaran performing right dalam bisnis pertunjukan, adalah membawakan, menampilkan, atau mengumumkan lagu dan/musik pencipta untuk kepentingan komersial tanpa izin dari LMK. Bentuk pelanggaran performing right di YouTube adalah kegiatan mengcover lagu. Kedua adalah upaya LMK dalam melindungi performing right pencipta dalam bisnis pertunjukan adalah dengan lisensi dan pemberian royalti, sedangkan dalam YouTube adalah LMK berpartner dengan YouTube dan mendapatkan tools berupa Content Management System (CMS), yang secara tidak langsung menjadi lisensi dan alat LMK untuk menarik royalti. Upaya LMK lainnya adalah, Tindakan preventif berupa sosialisasi terkait lisensi dan royalti serta upaya represif yaitu gugatan perdata ke pengadilan Negeri.
The study aims to analyses the forms of misconduct that occur in show businesses and YouTube related to performing right. Another objective of this research is to review efforts made by Collective Management Organization (CMO) in protecting of economic rights in the form of performing right author for songs that used in the business of music performances and YouTube media. This research is empirical juridical research. Empirical juridical research is legal research on the enforcement or implementation of legal provisions normatively in action at any particular legal event that occurs in society. This research includes field research that is research that uses primary data. Primary data is obtained by conducting interviews according to interview guidelines. The data obtained will then be analyzed qualitatively and presented descriptively. The conclusion of this research is that the first form of violation of performing right in show business, is to perform, perform, or announce the song and/ music authors for commercial purpose without the permission of CMO. A Form of violation of performing right on YouTube is the activity of cover songs. The second conclusion of this research is CMO�s effort in protecting the performing right of authors in the show business is by licensing and granting royalties, while in YouTube is CMO partnering with YouTube and obtaining tools in the form of Content Management System (CMS), which indirectly becomes the license and tool of CMO to attract royalties. Other CMO�s effort are preventive measures in the form of socialization related to license and royalties as well as repressive efforts namely civil lawsuits to the district court.
Kata Kunci : Pelindungan, Performing Right, Pencipta, Bisnis pertunjukan, YouTube, Lembaga Manajemen Kolektif.