Laporkan Masalah

Peran Camat dalam Upaya Peningkatan Pelayanan Administrasi Kependudukan di Kantor Kecamatan Gondomanan Kota Yogyakarta

SAGITA MUTIARA SARI, Rizky Septiana Widyaningtyas, S.H., M.Kn.

2021 | Skripsi | S1 HUKUM

Dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat dan meningkatkan koordinasi pada penyelenggaraan pelayanan publik, maka pelayanan dilakukan pada beberapa sektor pemerintahan antara lain adalah kecamatan. Salah satu wewenang dari kecamatan adalah menyelenggarakan program pelayanan Administrasi Kependudukan. Pelayanan yang baik merupakan bentuk dari keberhasilan Camat dalam memimpin dan memberikan koordinasi di kantor kecamatan. Oleh karena itu, untuk mengetahui peran Camat dalam upaya peningkatan pelayanan Administrasi Kependudukan di Kantor Kecamatan Gondomanan dan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi Camat dalam meningkatkan pelayanan Administrasi Kependudukan di Kantor Kecamatan Gondomanan. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan penjelasan deskriptif. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa Camat Gondomanan dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya terhadap pelayanan Administrasi Kependudukan sudah sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Akan tetapi, masih terdapat keluhan dari masyarakat di wilayah Kecamatan Gondomanan terkait perubahan prosedur pelayanan selama masa pandemi Covid-19. Faktor pendukung pelaksanaan pelayanan Administrasi Kependudukan adalah kepemimpinan Camat, dukungan pemerintah daerah, SDM, SOP Pelayanan Administrasi Kependudukan Selama Masa Pandemi Covid-19, dan kader GISA. Adapun faktor penghambat pelayanan Administrasi Kependudukan adalah minimnya sarana dan prasarana, kurangnya akurasi konfirmasi permohonan pengajuan pembuatan dokumen kependudukan, dan ketidaktahuan masyarakat mengenai prosedur pelayanan Administrasi Kependudukan selama masa pandemi Covid-19.

In order to realize the welfare of the community and improve coordination on the implementation of public services, the services are carried out in several sectors of government, among others are sub-districts. One of the authority of the sub-district is to organize a population administration service program. Good service is a form of camat success in leading and coordinating in the sub-district office. Therefore, to know the role of the Sub-District in efforts to improve the service of Population Administration in the Gondomanan Sub-District Office and to know the factors that affect the Camat in improving the service of Population Administration in the Gondomanan Sub-District Office. The method of analysis used in this study is qualitative method with descriptive explanation. Based on the results of the analysis shows that the District Head of Gondomanan in carrying out his duties and responsibilities to the ministry of Population Administration is in accordance with the prevailing laws and regulations. However, there are still complaints from the community in Gondomanan sub-district regarding changes in service procedures during the Covid-19 pandemic. Supporting factors for the implementation of Population Administration services are camat leadership, local government support, human resources, SOP of Population Administration Services during the Covid-19 pandemic, and GISA cadres. The factors inhibiting population administration services are the lack of facilities and infrastructure, the lack of accuracy of confirmation of applications for the creation of population documents, and public ignorance of population administration service procedures during the Covid-19 pandemic.

Kata Kunci : Peran Camat, Meningkatkan Pelayanan, Administrasi Kependudukan

  1. S1-2021-411305-abstract.pdf  
  2. S1-2021-411305-bibliography.pdf  
  3. S1-2021-411305-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2021-411305-title.pdf