Laporkan Masalah

Implementasi E-Government dalam Aplikasi Jogja Smart Service di Kota Yogyakarta

PENGKU WIDI MURTAQI, Azifah Retno Astrina, M.Ps

2021 | Skripsi | S1 POLITIK DAN PEMERINTAHAN

Penelitian ini didasari dari berkembangnya penggunaan teknologi informasi yang semakin pesat di kalangan masyarakat. Dalam konteks tata kelola pemerintahan, adanya perkembangan teknologi informasi diharap dapat meningkatkan dan mempermudah masyarakat dalam mendapatkan layanan publik. E-Government merupakan salah satu konsep dimana pemerintah memanfaatkan perkembangan teknologi informasi untuk melakukan pelayanan publik kepada masyarakat. Kota Yogyakarta merupakan salah satu daerah yang telah mengembangkan konsep E-Government dengan ditandai telah adanya Masterplan E-Government Kota Yogyakarta Tahun 2018. Dengan adanya masterplan tersebut dijadikan sebagai pedoman untuk Pemerintah Kota Yogyakarta untuk mengembangan konsep E-government sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan layanan publik. Dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, penelitian ingin mengetahui bagaimana perkembangan implementasi kebijakan E-Government di Kota Yogyakarta pada tahun 2020. Pelaksanaan kebijakan E-Government di Kota Yogyakarta salah satu indikator yang dilihat adalah pada penggunaan aplikasi Jogja Smart Service (JSS). Aplikasi Jogja Smart Service merupakan salah satu infrastruktur yang dikembangkan oleh pemerintah Kota Yogyakarta sebagai upaya peningkatan layanan publik. Dengan adanya kemudahan berkat dukungan dari adanya teknologi informasi, aplikasi Jogja Smart Service mempunyai tantangan untuk menjawab kebutuhan masyarakat Kota Yogyakarta akan akses layanan publik dan informasi

This research is based on the growing use of information technology which is increasingly rapid in the community. In the context of governance, it is hoped that the development of information technology can improve and make it easier for people to get public services. E-Government is a concept where the government takes advantage of the development of information technology to provide public services to the community. The city of Yogyakarta is one of the regions that has developed the E-Government concept, marked by the existence of the 2018 Yogyakarta City E-Government Masterplan. This master plan serves as a guideline for the Yogyakarta City Government to develop the E-government concept as an effort to improve services public. By using a qualitative descriptive research method, the research wants to find out how the development of E-Government policy implementation in Yogyakarta City in 2020. The implementation of E-Government policy in Yogyakarta City, one of the indicators seen is the use of the Jogja Smart Service (JSS) application. The Jogja Smart Service application is one of the infrastructure developed by the Yogyakarta City government as an effort to improve public services. With the convenience and support of information technology, the Jogja Smart Service application has a challenge to answer the needs of the people of Yogyakarta City for public services and information access.

Kata Kunci : kebijakan publik, pelayanan publik, implementasi, e-Government, Jogja Smart Service

  1. S1-2021-348019-abstract.pdf  
  2. S1-2021-348019-bibliography.pdf  
  3. S1-2021-348019-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2021-348019-title.pdf