Laporkan Masalah

KESULITAN PEMBELAJARAN BAHASA KOREA DALAM MEMAHAMI PARTIKEL PADA PLATFORM BELAJAR BAHASA KOREA.

AYU MARTA ANINDYA, Ayu Merlita Sari, S.S.,M.A.

2021 | Tugas Akhir | D3 BAHASA KOREA

Tugas Akhir ini membahas tentang kesulitan pembelajar Bahasa Korea dalam memahami partikel pada Platform belajar bahasa Korea. Tugas akhir ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan yang di alami oleh pembelajar pemula dalam mempelajari partikel dasar yaitu partikel I,Ga, Eun, Neun, Eul, Reul, E dan Eseo. Metode yang di gunakan dalam tugas akhir in adalah metode kuantitatiif melalui pembagian kuesioner. Data yang terkumpul dianalisi menggunakan metode kualitatif yaitu hasil jawaban kuisioner yang sudah di bagikan melalui platform belajar bahasa Korea di-kelompokan dan di jelaskan secara deskriptif. Hasil analisis tugas akhir ini melakukan pengisian kuesioner kepada 70 responden. Kebanyakan responden mengalami kesulitan pada partikel Eun, Neun dan E, Eseo faktor yang mempengaruhi para responden merasa ragu-ragu dalam menjawab dikarenakan bingung akan penempatan, penggunaan yang tepat, memahami makna/arti partikel dan kapan partikel tersebut di gunakan serta cocok atau tidak dengan kalimat yang mendampingi partikel tersebut. Faktor lain yang dilami oleh responden adalah kesulitan pada soal yang tidak memiliki terjemahan dan tidak memiliki penanda struktur kalimat.

This final project discusses the difficulties of Korean language learners in understanding particles on the Korean language learning platform. This final project aims to determine the difficulties experienced by beginner learners in learning basic particles, namely particles I,Ga, Eun, Neun, Eul, Reul, E and Eseo. The method used in this final project is a quantitative method by distributing questionnaires. The data collected were analyzed using qualitative methods, namely the results of the answers to the questionnaires that had been distributed through the Korean language learning platform were grouped and explained descriptively. The results of this final project analysis are filling out a questionnaire to 70 respondents. Most respondents have difficulty with particles Eun, Neun and E, Eseo, factors that influence respondents to feel hesitant in answering due to confusion over placement, proper use, understanding the meaning / meaning of particles and when these particles are used and whether or not they are suitable the sentence accompanying the particle. Another factor that was experienced by the respondents was the difficulty in the questions that did not have a translation and did not have a sentence structure marker.

Kata Kunci : Partikel, Kesulitan, Korea

  1. D3-2021-415444-abstract.pdf  
  2. D3-2021-415444-bibliography.pdf  
  3. D3-2021-415444-tableofcontent.pdf  
  4. D3-2021-415444-title.pdf