Laporkan Masalah

EVALUASI SISTEM PEMBELAJARAN DARING DI FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA

HANA FAUZIYYANA, Ardhya Nareswari, S.T., M.T., Ph.D; Dr. Sri Suning Kusumawardani, ST, MT

2021 | Tesis | MAGISTER MANAJEMEN PENDIDIKAN TINGGI

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah mengubah seluruh aspek, termasuk pada aspek pendidikan. Perkembangan internet di Indonesia, juga dimanfaatkan sebagai sarana penunjang proses pembelajaran terutama di perguruan tinggi dalam proses pembelajaran daring. Di awal tahun 2020, dunia dihadapkan dengan pandemi corona virus disease (Covid-19), sehingga proses pembelajaran dilaksanakan dengan daring secara penuh. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (FISIPOL UMY) memfasilitasi pembelajaran jarak jauh, baik sinkron maupun asinkron. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melakukan evaluasi dari sistem pembelajaran daring di FISIPOL UMY. Evaluasi dilakukan dengan menggunakan model CIPP (Content, Input, Process, Product). Penelitian ini menggunakan desain penelitian kombinasi (mixed method) pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner dan wawancara secara daring kepada para responden. Responden dipilih melalui teknik purposive sampling. Responden merupakan mahasiswa dan dosen yang melaksanakan pembelajaran daring. Analisis data dilakukan dengan mengacu pada teori evaluasi, model evaluasi CIPP, evaluasi program. Hasil penelitian menunjukan bahwa sistem pembelajaran daring di FISIPOL UMY dari segi akademik, infrastruktur, sumberdaya maupun sistem pembelajaran daring sudah sesuai dengan kebijakan dan strategi namun perlu ada peningkatan. Peningkatan pada pemanfaatan MyKlass (fasilitas komunikasi, pencarian dan fasilitas penyajian materi pembelajaran), server MyKlass dan dukungan pendampingan kepada dosen-dosen untuk mengembangkan konten pembelajaran. Kendala yang dihadapi selama pelaksanaan proses pembelajaran daring adalah server yang sering error sehingga kesulitan saat mengakses MyKlass untuk pembelajaran daring asinkron.

The development of information and communication technology has changed all aspects, including the educational aspect. The internet's development in Indonesia is also used as a learning process supporting facility, especially in universities through the online learning process. At the beginning of 2020, the world is faced with the coronavirus disease pandemic (Covid-19), thus the learning process is carried out overall online. Faculty of Social and Political Sciences, University of Muhammadiyah Yogyakarta (FISIPOL UMY) facilitates online learning, both synchronous and asynchronous. This study aims to evaluate the online learning system at FISIPOL UMY. The evaluation is done using CIPP model (Content, Input, Process, and Product). This study using a mixed-method research design. The data collection was conducted by disseminating questionnaires and online interviews to respondents. Respondents were selected through purposive sampling techniques. They are students and lecturers who carry out online learning. The analysis of the data is done by referring to evaluation theory, CIPP evaluation model, and evaluation program. The results showed that the online learning system at FISIPOL UMY in terms of academic, infrastructure, resources, and online learning system are under policies and strategies but there need to be improvements. Improvements are needed in the utilization of MyKlass (communication facilities, search and learning materiala's presentation facilities), the server of MyKlass and the lecturer's mentoring support to develop learning content. The obstacle encountered during the implementation of the online learning process is the server that often troubles to make it difficult to access MyKlass for asynchronous online learning.

Kata Kunci : Evaluasi, Sistem Pembelajaran, FISIPOL UMY, CIPP

  1. S2-2021-437714-abstract.pdf  
  2. S2-2021-437714-title.pdf