ANALISIS SEMIOTIKA PADA VIDEO KLIP PARIWISATA WITH SEOUL BTS
ANISA PERMATASARI, Yuni Wachid Asrori, S.S., M.A.
2021 | Tugas Akhir | D3 BAHASA KOREATugas Akhir ini berjudul Analisis Semiotika Dalam Video Klip BTS With Seoul. Tujuan dari adanya penelitian ini adalah untuk mengetahui makna dan representasi yang ingin disampaikan dari promosi pariwisata Korea Selatan kota Seoul kepada penonton melalui sebuah video klip. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan tanda yang muncul dalam setiap adegan dianalisis menggunakan semiotika milik Charles Sanders Peirce yaitu melalui Representamen, Objek, dan Interpretasi. Berdasarkan hasil analisis dari penelitian ini representasi yang ingin disampaikan Korea Selatan kepada para penonton adalah mengenai karakteristik masyarakat yang ramah, Korean wave yang popular, target wisatawan yang sebagian besar adalah wanita muda yang menyukai K-Pop, dan Seoul yang merupakan kota modern yang memiliki fasilitas yang bagus dan masih menjaga peninggalan sejarahnya.
The title of this paper is Semiotic Analysis In The Video Clip With Seoul BTS. This study aims to determine the meaning and representation to be conveyed from the promotion of tourism in South Korea, to the public through a video clip. This research uses qualitative research and the signs that appear in each scene are analyzed using Charles Sanders Peirce semiotics, namely representation, object, and interpretation. Based on the results of this analysis, the representation that South Korea wants to convey to the audience is about the characteristics of a friendly Korean people, the popular Korean Wave, the target of tourist who are mostly young women who like Kpop and Seoul which is a modern city that has good facilities and still preserves its historical heritage.
Kata Kunci : video klip, semiotika, BTS, Bangtan Sonyeondan, pariwisata, Korea Selatan