Laporkan Masalah

Peranan Keterlibatan Orangtua terhadap Prestasi Akademik dengan Gaya Pengasuhan Authoritative sebagai Moderator

YESICA GRAHITA R.M, Prof. Dr. Tina Afiatin, M.Si., Psikolog

2021 | Skripsi | S1 PSIKOLOGI

Prestasi akademik siswa di Indonesia masih tergolong rendah. Hal tersebut mendorong pemerintah untuk menyelenggarakan Program Pendidikan Keluarga sebagai wujud kolaborasi antara orangtua dan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan keterlibatan orangtua terhadap prestasi akademik siswa dengan gaya pengasuhan authoritative sebagai moderator. Hipotesis dari penelitian ini adalah gaya pengasuhan authoritative merupakan moderator pada peran keterlibatan orangtua terhadap prestasi akademik siswa. Partisipan yang terlibat adalah 244 siswa kelas XI dan XII SMA Kristen 1 Salatiga sebagai sekolah percontohan Program Pendidikan Keluarga di Kota Salatiga. Pengambilan data dilakukan melalui survei secara daring. Terdapat tiga instrumen yang digunakan, yaitu skala keterlibatan orangtua, skala gaya pengasuhan authoritative, dan nilai rapor siswa. Hasil Moderated Regression Analysis (MRA) menunjukkan bahwa gaya pengasuhan authoritative dapat memengaruhi arah peranan keterlibatan orangtua terhadap prestasi akademik.

Academic achievement of students in Indonesia could be categorized as poor. This fact encourages the government to conduct Program Pendidikan Keluarga as a collaboration between parents and school. This research aims to find out the role of parent's involvement toward the student's academic achievement with an authoritative parenting style as the moderator. The hypothesis is authoritative parenting style moderating the involvement of parents toward student's academic achievement. The participants involved in this research are 244 students from grade XI and XII of SMA Kristen 1 Salatiga as the pilot school of Program Pendidikan Keluarga in Salatiga. This research is conducted by doing an online survey. There are three instruments used in this research; parental involvement scale, authoritative parenting style scale, and the average of students report card score. Moderated Regression Analysis (MRA) shown that authoritative parenting style influence the direction of the role of parental involvement on academic achievement.

Kata Kunci : gaya pengasuhan authoritative, keterlibatan orangtua, prestasi akademik.

  1. S1-2021-409733-abstract.pdf  
  2. S1-2021-409733-bibliography.pdf  
  3. S1-2021-409733-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2021-409733-title.pdf