Laporkan Masalah

MAHASISWA INFLUENCER Presentasi Diri dan Proyeksi Karier Mahasiswa di Era Internet

VICTOR DAMIANUS A, Sidiq Hari Madya, S.Sos., M.Sc.

2021 | Skripsi | S1 SOSIOLOGI

Tujuan dari penelitian ini adalah mengkaji fenomena presentasi citra diri ideal mahasiswa influencer di instagram, proyeksi karier dan bagaimana saling keterkaitan serta negosiasi antar keduanya, baik secara teoritis maupun empiris. Penelitian ini berpendapat bahwa fenomena presentasi diri dalam bingkai citra paling ideal dari para mahasiswa influencer di instagram dapat dibedah menggunakan teori dan perspektif yang ada dalam Dramaturgi Goffman. Dari Dramaturgi Goffman tersebut, penelitian ini akan mendiskusikan bagaimana strategi para mahasiswa influencer membangun citra diri ideal dan mengelolanya dengan cara-cara paling positif, untuk membentuk kesan yang sesuai dengan apa yang mereka inginkan di instagram. Selain itu, penelitian ini juga akan melihat bagaimana dinamika citra diri ideal mahasiswa influencer turut membentuk proyeksi karier mereka ke depan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan naratif untuk membedah fenomena presentasi citra diri ideal yang terjadi di kalangan mahasiswa Fisipol UGM. Selain itu, penulis juga melakukan observasi, baik secara online dan offline, untuk mengumpulkan informasi-informasi yang sesuai dengan kebutuhan penelitian. Wawancara intensif bersama para informan juga dilakukan untuk mendapatkan keterangan yang valid dalam melihat bagaimana strategi para mahasiswa influencer di Fisipol UGM membangun citra diri ideal mereka di instagram. Dari penelitian ini dapat diambil beberapa kesimpulan bahwa terdapat beragam strategi yang dilakukan para informan dalam membangun citra diri idealnya di instagram. Aktus para informan dalam membangun dan mengelola citra diri ideal dengan cara-cara yang paling positif ditujukan untuk memberi kesan tertentu tentang diri dan karakteristik apa yang melekat dalam diri mereka. Selain itu, citra diri ideal yang identik dengan para informan memiliki andil yang sangat besar dalam bagaimana mereka membentuk proyeksi karier ke depan.

The purpose of this research is to examine the phenomenon of the ideal self-image presentation of college student influencers on instagram, career projection and how interconnectedness and negotiation between the two, both theoretically and empirically. The study argues that the phenomenon of self-presentation in the most ideal image frame of college student influencers on instagram can be dissected using the theories and perspectives found in Goffman's Dramaturgy. From Goffman's Dramaturgy, this research will discuss how influencers' strategies build the ideal self-image and manage it in the most positive ways, to form an impression that fits what they want on instagram. In addition, this research will also look at how the dynamics of the ideal self-image of college student influencers contribute to shaping their career projections going forward. This research uses qualitative methods with narrative approaches to dissect the phenomenon of ideal self-image presentation that occurs among college students of Fisipol UGM. In addition, the authors also made observations, both online and offline, to collect information that suited the research needs. Intensive interviews with informants are also conducted to get valid information in seeing how college student influencers at Fisipol UGM build their ideal self-image on instagram. From this study, there can be some conclusions that there are various strategies that informants do in building their ideal self-image on instagram. The informants build and manage the ideal self-image in the most positive ways aimed at giving a certain impression of themselves and what characteristics are inherent in them. In addition, the ideal self-image synonymous with informants has a huge role in how they shape career projections going forward.

Kata Kunci : instagram, mahasiswa influencer, presentasi diri, citra diri ideal, proyeksi karier

  1. S1-2021-399477-abstract.pdf  
  2. S1-2021-399477-bibliography.pdf  
  3. S1-2021-399477-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2021-399477-title.pdf