PERKEMBANGAN DAN DAMPAK MOBILE GAMES BAGI REMAJA KOREA SELATAN
NATASHA SESARISTA A, Yuni Wachid Asrori, S.S., M.A.
2021 | Tugas Akhir | D3 BAHASA KOREAINTISARI Tugas Akhir ini berjudul �Perkembangan dan Dampak Mobile games bagi Remaja Korea Selatan.� Tujuan dari Tugas Akhir ini adalah untuk mengetahui perkembangan mobile games dan dampaknya terhadap remaja Korea Selatan di era modern ini. Tugas Akhir ini menganalisis mengenai perkembangan teknologi mobile games di jaman ini, serta berbagai macam dampak dari penggunaan mobile games terhadap para remaja Korea Selatan. Penelitian yang dilakukan menghasilkan kesimpulan bahwa perkembangan dunia games khususnya mobile games di Korea Selatan sangat pesat dan sudah sangat melekat dalam masyarakat terutama dikalangan remaja. Hal ini secara tidak langsung mempengaruhi tumbuh kembang remaja yang ada di Korea Selatan. Terlalu melekatnya para remaja Korea Selatan dengan mobile games menghasilkan banyak sekali dampak positif mau pun negatifnya. Dampak positifnya jika bermain dengan batas wajar dapat meningkatkan daya ingat dan tingkat konsentrasi yang baik, sedangkan dampak negatifnya jika digunakan berlebih akan mengakibatkan kecanduan, pembengkakkan pada otak dan gangguan psikis. Kata kunci : mobile games, remaja Korea, teknologi Korea
ABSTRACT This graduating paper entitled �Development and The Impact of Mobile Games to South Korean Adolescent�. The purpose of this thesis is to know the development of mobile games and their impact on South Korean teenagers in this modern era. This graduating paper analyses the development of mobile games technology today, as the various impact to the teenage users of mobile games in South Korea. The research has resulted in the conclusion that the development of the world of games, especially mobile games in South Korea are growing rapidly and has been very embedded in society, particularly among adolescents in this stage tells indirectly affects the growth and development of teenagers in South Korea. South Korean teenagers are overly attached to mobile games to have many positive and negative impacts. If the game is played at reasonable limits, then the positive impacts can improve memory and good concentration. If used in excess, the negative effects will lead to addiction, brain imflammation and mental illness. Keyword : mobile games, Korean adolescents, Korea tech
Kata Kunci : mobile games, remaja Korea, teknologi Korea