Laporkan Masalah

Faktor Pendorong Penjualan Cabai Merah ke Pasar Lelang Gisik Pranaji Kecamatan Panjatan Kabupaten Kulon Progo

SITI NUR ANNISSA, Azizatun Nurhayati, S.P., M.Sc.; Dr. Jangkung Handoyo Mulyo, M.Ec. ; Dr. Ir. Lestari Rahayu Waluyati, M.P.

2021 | Skripsi | S1 EKONOMI PERTANIAN DAN AGRIBISNIS

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk (1) Mengetahui motivasi petani menjual cabai ke Pasar Lelang Gisik Pranaji; (2) Mengetahui pengetahuan petani mengenai Pasar Lelang Gisik Pranaji; (3) Mengetahui peran kelompok tani dalam pembuatan keputusan petani dalam menjual cabai ke Pasar Lelang Gisik Pranaji; (4) Mengetahui hubungan motivasi petani dan peran kelompok tani terhadap keputusan petani menjual cabai ke Pasar Lelang Gisik Pranaji. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif analitis dengan pemilihan lokasi penelitian menggunakan metode purposive sampling di Desa Bugel, Kecamatan Panjatan, sedangkan pemilihan responden menggunakan metode simple random sampling sejumlah 60 anggota Pasar Lelang Gisik Pranaji. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor pendorong berupa motivasi petani untuk menjual ke pasar lelang dikategorikan tinggi, pengetahuan petani mengenai pasar lelang dikategorikan sangat baik, peran kelompok tani dalam membuat keputusan petani untuk menjual ke pasar lelang dikategorikan sangat tinggi, dan hubungan motivasi petani dan peran kelompok tani adalah positif kuat dengan keputusan petani untuk menjual cabai ke pasar lelang.

This research was conducted to determine (1) farmers' motivation in selling red chili peppers to Gisik Pranaji auction market; (2) farmers' knowledge about Gisik Pranaji auction market; (3) roles of farmers' group in decision making to sell their red chili peppers to Gisik Pranaji auction market; (4) relation of motivation and roles of farmers' group with farmers' decision in selling red chili peppers to Gisik Pranaji auction market. The method used in this research is descriptive analysis with location sampling was done by purposive sampling choosing Bugel Village, Panjatan District, while the sample was carried out using simple random sampling consisted 60 members of chosen auction market. The results of the study showed that the driving factors include farmers' motivation was categorized high, farmers' knowledge was categorized very good, roles of farmers' group influencing in decision making was categorized very high, and the relation between motivation and roles of farmers' group were obtained a positive and strong result with farmers' decision in selling red chili peppers to the auction market.

Kata Kunci : pasar lelang cabai, motivasi, pengetahuan, peran kelompok tani, keputusan penjualan

  1. S1-2021-394342-abstract.pdf  
  2. S1-2021-394342-bibliography.pdf  
  3. S1-2021-394342-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2021-394342-title.pdf