Laporkan Masalah

IDENTITAS SOSIAL PADA FANS KLUB SEPAK BOLA (Studi Kasus tentang Interaksi Simbolik Pembentukan Identitas Sosial pada Anggota Chelsea Indonesia Supporters Club)

ARSELMA TRUS'TEE A, Dr.Rajiyem, S.IP. M.Si.

2020 | Tesis | MAGISTER ILMU KOMUNIKASI

Chelsea Football Club (Chelsea FC) merupakan salah satu klub Liga Inggris papan atas, yang mana diakui tidak hanya di Inggris atau Eropa, namun telah memiliki penggemar dari seluruh dunia. Sebagai sebuah konsekuensi dari kesuksesannya, Chelsea FC telah menarik jutaan penggemar dari seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Penelitian ini meneliti mengenai interaksi simbolik yang ada pada proses pembentukan identitas sosial anggota Chelsea Indonesia Supporters Club (CISC). Teori konstruktivis digunakan dalam penelitian ini bersamaan dengan Teori Identitas dan Identitas Sosial, yang kemudian menggunakan interaksi sosial untuk memahami identitas sebagai penggemar Chelsea FC dan anggota CISC . Penelitian deskriptif ini menghimpun data deskriptif dari para informan dan observasi lapangan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana interaksi simbolik berperan dalam proses konstruksi identitas diri yang terbentuk dari proses eksplorasi pada keluarga, teman dan bahkan media massa. Penelitian ini juga melihat komitmen dan hubungannya dengan loyalitas, kategorisasi dan identifikasi serta perbandingan sosial dalam proses pembentukan identitas sosial. Interaksi simbolik pada komunitas (society), anggota (self), dan proses pemaknaan mereka (mind) menghasilkan anggota CISC sebagai sebuah kelompok yang loyal, memiliki rasa kasih sayang serta solidaritas dan rasa kekeluargaan yang kuat antara anggota.

Chelsea Football Club (Chelsea FC) is one of the top English football club, recognized not only in England or Europe but gained fans worldwidely. As the consequences of its success, Chelsea FC have gained millions of fans around the world, including Indonesia. This research sees the symbolic interaction in the process of construction of the fans identity, which is validated through the social identity of Chelsea Indonesia Supporters Club (CISC) members. Constructivist approach is applied in this research along with the theory of identity and social identity, then use the theory of symbolic interaction theory to understand the meaning of the identity of Chelsea fans and member of CISC. This descriptive research gathers the descriptive datas from the informant and field observation. The aim of this research is to see symbolic interaction take part in the process of identity construction constructed through explorations of family, friends and even also mass media. It also mention about the level of commitment process its relation to loyal support, the categorization to understand and identify community, then proceed with identification to wear community attributes, singing, chants, slogans and community terms, and social comparation as the process of social identity construction. The symbolic interaction concept in community (society), member (self) and mind bring the result that Chelsea Indonesia Supporters Club are loyal fans group, have high sense of love and togetherness, solidarity and also brotherhood as community.

Kata Kunci : Fans,Identitas,SepakBola,Chelsea,Interaksi Simbolik

  1. S2-2020-404090-abstract.pdf  
  2. S2-2020-404090-bibliography.pdf  
  3. S2-2020-404090-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2020-404090-title.pdf