Laporkan Masalah

Analisis Strategi Bersaing PT.Waskita Karya (Persero)Tbk. Di Pasar Konstruksi Nasional

ARVIKHO H W, Bambang Riyanto L.S., Prof., Dr., MBA., Ak., CA.

2020 | Tesis | MAGISTER MANAJEMEN (KAMPUS JAKARTA)

Meningkatnya perkembangan industri konstruksi di Indonesia dalam Lima tahun terakhir ini menjadi dasar penelitian untuk menganalisis strategi bersaing PT. Waskita Karya (Persero) Tbk. dalam industri konstruksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tingkat persaingan industri konstruksi sekaligus tingkat kompetensi perusahaan di industri konstruksi, evaluasi strategi perusahaan dalam menghadapi persaingan dan memformulasikan strategi yang tepat bagi Waskita agar memenangkan persaingan dalam industri konstruksi. Desain penelitian dilakukan dengan cara deskriptif kualitatif dengan menggunakan data primer yang bersumber dari wawancara dan data internal perusahaan, serta data sekunder yang diambil dari laporan perusahaan konstruski pesaing. Analisis dibagi menjadi analisis faktor lingkungan eksternal dan analisis faktor lingkungan internal. Pada analisis faktor lingkungan eksternal yang digunakan yaitu analisis Porter�s Five Forces , analisis Driving Forces, analisis Key Succes Factors. Sedangkan pada analisis faktor lingkungan internal yang digunakan yaitu analisis kinerja perusahaan, analisis resource and capabilities, dan dilanjutkan dengan analisis VRIO untuk mengetahui keunggulan bersaingan berkelanjutan yang dimiliki oleh perusahaan waskita. Hasil penelitian menunjukkan adanya persaingan yang ketat pada industri konstruksi, namun bisnis ini masih menarik, dilihat dari analisis Porter�s Five Forces. Analisis kinerja perusahaan menunjukkan bahwa strategi yang sedang dijalankan oleh perusahaan belum berhasil secara konsisten membawa perusahaan mencapai kinerja yang diharapkan. Dengan mengalisis faktor-faktor lingkungan eksternal, maka ditemukan key success factors pada industri konstruksi yaitu tata kelola manajemen yang baik, jaringan pemasaran yang kuat, hubungan baik terhadap pelanggan, dukungan modal yang memadai serta menjaga kualitas mutu untuk setiap hasil pekerjaan.. Dengan menganalisis sumber daya dan kemampuan yang dimiliki oleh Waskita dan dilanjutkan dengan analisis VRIO, menunjukan bahwa sumber daya berwujud, sumber daya tidak berwujud, dan kemampuan organisasi dinilai dapat membawa keunggulan bersaing yang berkelanjutan bagi perusahaan.

The increasing development of the construction industry in Indonesia in the last five years has become the basis of research to analyze the competitive strategy of PT. Waskita Karya (Persero) Tbk. in the construction industry. This study aims to identify the level of competition in the construction industry as well as the level of competence of companies in the construction industry, evaluate the company's strategy in facing competition and formulate the right strategy for Waskita to win the competition in the construction industry. The research design was conducted in a descriptive qualitative manner using primary data sourced from interviews and internal company data, as well as secondary data taken from competitor construction company reports. The analysis is divided into analysis of external environmental factors and analysis of internal environmental factors. In the analysis of external environmental factors used, namely Porter's Five Forces analysis, Driving Forces analysis, analysis of Key Success Factors. Meanwhile, the analysis of internal environmental factors is used, namely the analysis of company performance, analysis of resources and capabilities, and followed by VRIO analysis to determine the competitive advantage for waskita. The results show that there is intense competition in the construction industry, but this business is still looks attractive, seen from Porter's Five Forces analysis. Analysis of company performance shows that the strategy that is being implemented by the company has not consistently succeeded in bringing the company to achieve the expected performance. By analyzing external environmental factors, key success factors are found in the construction industry, namely good management governance, strong marketing networks, good customer relations, adequate capital support and maintaining the quality of each work. By analyzing the resources and abilities possessed by Waskita and continued with VRIO analysis, it shows that tangible resources, intangible resources, and organizational capabilities are considered to be able to bring sustainable competitive advantage to the company.

Kata Kunci : : Strategi Bersaing, Porter�s Five Forces, Driving Forces, Key Succes Factors, Resource and Capabilities, VRIO

  1. S2-2020-421861-abstract.pdf  
  2. S2-2020-421861-bibliography.pdf  
  3. S2-2020-421861-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2020-421861-title.pdf