ANALISIS STRATEGI BERSAING PT MULIA PROPERTI INDONESIA MENGHADAPI STAGNASI INDUSTRI PROPERTI
M SISMA YOGA PRATAMA, Ertambang Nahartyo, M.Sc., CMA., Ak., CA., Ph.D.
2020 | Tesis | Magister ManajemenPenelitian ini bertujuan Menganalisis keefektifan strategi PT Mulia Properti Indonesia dan pencarian alternatif strategi bisnis yang dapat dikembangkan oleh PT Mulai Properti Indonesia untuk memenangkan persaingan menghadapi stagnasi industri properti. Penelitian ini merupakan studi kasus yang bersifat kualitatif pada PT Mulia Properti Indonesia. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dari observasi, wawancara dan dokumentasi, dan data sekunder diperoleh dari publikasi Bank Indonesia, Marketline, BPS, dan sumber lainnya. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini meliputi analisis eksternal (PESTEL, Porter's five forces), analisis internal, dan analisis SWOT. Hasil penelitian menujukan bahwa lingkungan makro berpengaruh terhadap iklim suatu industri, dan kesuksesan inovasi produk ditentukan oleh efek market pull yakni dengan menciptakan produk sesuai dengan kebutuhan pasar sebagai respon terhadap stagnasi industri properti di Indonesia. Studi ini memiliki implikasi cukup penting bagi PT Mulia Properti Indonesia dan praktisi bisnis properti di wilayah lain terutama di JABODETABEK untuk merancang strategi meningkatkan peforma penjualan. Strategi yang dipilih hendaknya merujuk kepada strategi inti perusahaan, yaitu apakah "meningkatkan pendapatan" atau "memaksimalkan keuntungan".
This research aims to analyse the effectiveness of PT Mulia Properti Indonesia's strategy and alternative search of business strategy that can be developed by PT Mulia Properti Indonesia's to win the competition in the face of stagnation in the real estate industry. This study is a qualitative case study of PT Mulia Properti Indonesia. The type of data used is primary and secondary data. Primary data is derived from observations, interviews and documentation, and secondary data is obtained from the publications of Bank Indonesia, marketline, BPS, and other sources. The methods of analysis used in this study include external analysis (Pestel, Porter's Five forces), Internal analysis, and SWOT analysis. The results showed that the macro environment influences the growth of an industry, and the success of product innovation is determined by the effect of the market pull by creating products according to market needs in response to the stagnation of the property industry in Indonesia. This study has significant implications for PT Mulia Properti Indonesia and property business practitioners in other regions, especially in JABODETABEK, to design strategies to increase sales performance. The strategy chosen should refer to the company's core strategy, which is whether to "increase revenue" or "maximize profits"
Kata Kunci : competitive strategy, property, real estate, PESTEL analysis, SWOT analysis